Saya harap tidak hanya televisi yang melaporkan mudik Lebaran, bisa saja operator selular melaporkan pandangan matanya lewat streaming
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap agar para operator selular membuat siaran live streaming melaporkan mudik Lebaran guna menguji ketangguhan layanan 4G yang telah diluncurkan.

Hal itu disampaikan Menteri Rudiantara dalam konferensi pers seusai memberangkatkan Tim Uji Jaringan di halaman Gedung Kementerian Komunikasi dan Infomatika, Jumat pagi.

"Saya harap tidak hanya televisi yang melaporkan mudik Lebaran, bisa saja operator selular melaporkan pandangan matanya lewat streaming," katanya.

Menurut dia, live streaming para operator dalam melaporkan mudik Lebaran tidak berarti menggusur peran lembaga penyiaran, namun merupakan upaya menguji kehandalan teknologi 4G yang dimiliki.

Ia mengatakan, pada uji jaringan untuk antisipasi Lebaran ini menjadi ujian untuk pertama kalinya kehandalan teknologi 4G para operator yang telah diluncurkan sejak akhir Desember tahun lalu.

Teknologi 4G merupakan teknologi yang mampu menghantarkan data informasi yang jauh lebih cepat, efektif dan efsisien dibandingkan teknologi 3G.

Sementara itu, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Imam Nashiruddin mengatakan layanan 4G juga turut dites dalam uji jaringan antisipasi lebaran kali ini.

Hal ini mengingat, operator juga telah meluncurkan produk layanan 4G kepada masayarakat. "Jadi kita open, semua layanan yang diberikan ke masyarakat kita uji, 2g, 3g maupun 4G," katanya.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama operator selular dan pihak terkait menggelar uji jaringan guna mengantisipasi layanan pada saat mudik Lebaran.

Mudik (pulang ke kampung halamannya) menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Jutaan orang melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016