Arus mudik sebagai agenda rutin tahunan yang melibatkan instansi terkait lainnya agar lebih sinergis,"
Jakarta (ANTARA News) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri konsolidasi bersama sejumlah instansi terkait dan pemangku jabatan (stake holder) guna persiapan menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2016.

"Arus mudik sebagai agenda rutin tahunan yang melibatkan instansi terkait lainnya agar lebih sinergis," kata Kepala Korlantas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Marwoto di Jakarta Selasa.

Agung menuturkan Korlantas Mabes Polri mematangkan persiapan arus mudik dan balik lebaran 2016 dengan melibatkan koordinasi lembaga lain.

Agung memimpin Rapat Koordinasi "Lintas Batas Kesiapan Arus Mudik" 2016 yang berlangsung di Brebes, Jawa Tengah pada Selasa (31/5).

Rapat koordinasi itu dihadiri perwakilan dari Jasa Raharja, Kementerian PU, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Barat dan polres dari lima provinsi di Jawa.

Polisi jenderal bintang dua itu menegaskan seluruh sektoral sepakat mengoptimalkan pengawasan guna mengurangi kemacetan, serta kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran 2016.

"Seluruh petugas wajib memahami fungsi dan tanggung jawab ketika terjadi kecelakaan atau kemacetan lalu lintas," ujar Agung.

Agung menyebutkan Presiden Joko Widodo mengamanatkan tidak terjadi kecelakaan angkutan umum dan kemacetan lalu lintas sehingga membutuhkan persiapan, serta sinergisitas antarinstansi.

Agung juga sempat memantau beberapa lokasi yang menjadi titik rawan yang menyebabkan masalah lalu lintas.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016