Jakarta (ANTARA News) - Gelaran sepak bola kasta tertinggi di Negeri Napoleon, Liga 1 Prancis (Ligue 1), akan melangsungkan rangkaian laga pekan pamungkas pada Minggu (15/5) dini hari WIB di beberapa kota setempat.

Laga yang berjalan sudah tak lagi menentukan siapa yang jadi juara liga tersebut, sebab Paris Saint-Germain, sudah memastikan keberhasilannya mempertahankan gelar juara di pertengahan Maret silam setelah membantai ESTAC Troyes dengan skor 9-0 dengan masih menyisakan delapan pertandingan untuk dijalani.

Namun demikian, PSG yang saat ini sudah berhasil memecahkan rekor perolehan poin dan kemenangan terbanyak dalam semusim di Liga Prancis, dengan 92 poin dan 28 kali kemenangan, berpeluang untuk mempertajam catatan mereka dengan menghadapi Nantes di laga pamungkas.

Keperkasaan PSG bukan hanya terjadi di tingkat tim, punggawa mereka Zlatan Ibrahimovic juga sudah memastikan meraih sepatu emas dengan setidaknya sudah mencetak 35 gol dan bintang Swedia itu berpeluang untuk menambah tajam catatannya, kalau perlu mencetak beberapa gol lagi supaya mencetak rekor baru menyamai atau bahkan melewati torehan 44 gol semusim oleh legenda Marseille asal Yugoslavia (kini berkewarganegaraan Kroasia), Josip Skoblar.

Namun demikian, saat liga rampung tak melulu soal siapa yang jadi juara, ada juga yang menyimak klub-klub mana saja yang akan melangkah ke kompetisi antarklub Eropa atau siapa-siapa saja yang terancam degradasi.

Berikut adalah ulasan skenario yang bisa saja terjadi di laga pamungkas Liga 1 Prancis sebagaimana disusun ANTARA News dari berbagai sumber.

Tiket kompetisi Eropa
Untuk musim 2015/2016 para peserta Liga Prancis memperebutkan tiga tiket untuk mengikuti Liga Champions musim depan, dua ke fase grup sedang satu lainnya ke babak playoff. 

PSG selaku juara sudah mengantongi satu tiket ke fase grup, sementara satu tiket lainnya masih diperebutkan antara Lyon (65) dan Monaco (60). Lyon hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan satu tiket tersebut, namun apabila mereka kalah dan Monaco menang maka tiket akan jatuh ke tangan tim besutan Leonardo Jardim.

Meski demikian, Monaco bukan tidak mungkin malah harus melupakan Liga Champions sama sekali jika gagal menang di laga pamungkas, sebab OGC Nice (60) mengintai di urutan keempat. Apabila Nice menang dan Monaco imbang atau kalah maka tiket ke babak playoff Liga Champions musim depan menjadi milik Nice.

Sementara itu Lille OSC (57) tentu berambisi untuk memastikan satu tempat di babak kualifikasi ketiga Liga Europa musim depan dengan menggeser Saint-Etienne (58) dari urutan kelima klasemen. Keduanya saling bertemu di laga pamungkas, Lille menang maka mereka akan meraih tiket tersebut

Sedangkan jika Saint-Etienne menang setidaknya mereka sudah pasti menempati peringkat kelima dan berkesempatan menggeser Nice dari urutan keempat jika sang pesaing kalah di laga lain.

Hingga saat ini peringkat empat masih sekadar berhak lolos ke babak kualifikasi ketiga Liga Europa musim depan, namun jika di partai final Piala Prancis PSG kembali menjadi juara dan mengalahkan Olympique Marseille maka tim yang finis di urutan keempat klasemen akan langsung memperoleh tempat di fase grup Liga Europa musim depan.

Satu tiket ke babak kualifikasi ketiga Liga Europa akan lungsur kepada penghuni peringkat enam klasemen.

Zona degradasi
Tim juru kunci ESTAC Troyes (27) sudah jauh-jauh hari memesan tempat di Liga 2 Prancis, tiga tim lainnya masih terancam degradasi jelang laga pamungkas, yakni Toulouse (37), GFC Ajaccio (37) dan Reims (36) yang secara beruntun menempati urutan 17-19.

Reims, selain berurutan paling rendah dibanding dua klub terancam degradasi lain juga harus menghadapi lawan terberat yakni peringkat kedua Lyon yang tengah berusaha mengamankan tiket ke fase grup Liga Champions musim depan.

Lyon memang hanya membutuhkan hasil imbang, namun jika hasil didapat kedua tim di laga pamungkas, maka Reims membutuhkan kedua pesaingnya kalah dari lawan masing-masing dan syarat khususnya Toulouse harus kalah dengan selisih gol minimal enam dari lawannya.

Sementara itu GFC Ajaccio akan menghadapi urutan 16, Lorient (43), di laga pamungkas dan meraih kemenangan saja tidak cukup untuk memastikan bertahan di Liga 1 Prancis musim depan, sebab Toulouse harus imbang atau kalah dari lawannya.

GFC Ajaccio juga berpeluang lolos dari degradasi jika bermain imbang, dengan syarat Toulouse kalah dan Reims imbang atau kalah.

Sedangkan bagi Toulouse sebagai tim yang posisinya sejauh ini masih di luar zona degradasi akan melawat ke markas Angers (50), tim kejutan yang sumbu kejutnya padam di pertengahan musim, untuk laga pamungkas.

Kemenangan atas Angers akan memastikan tempat Toulouse di Liga 1 Prancis musim depan atau mereka bermain imbang sementara kedua tim pesaingnya gagal meraih kemenangan atas lawan masing-masing.

Toulouse bahkan berpeluang tetap lolos dari degradasi meskipun menelan kekalahan dari Angers nanti, dengan syarat kedua pesaingnya kalah dari lawan masing-masing.

Berikut jadwal rangkaian pekan ke-38 Liga 1 Prancis, Minggu (15/5) dini hari WIB, seturut laman resmi liga. (tuan rumah disebut pertama)

Angers v Toulouse
Caen v Girondins Bordeaux
Guingamp v OGC Nice
Lorient v GFC Ajaccio
AS Monaco v Montpellier HSC
Paris Saint-Germain v Nantes
Reims v Olympique Lyon
Rennes v SC Bastia
AS Saint-Etienne v Lille OSC
ESTAC Troyes v Olympique Marseille

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016