London (ANTARA News) - Manajer Slaven Bilic menolak untuk menyalahkan keputusan-keputusan buruk yang merugikan West Ham pada musim ini, setelah mantan wasit senior Gleen Turner menilai bahwa klub itu akan menduduki peringkat kedua Liga Inggris jika mereka mendapatkan keputusan-keputusan tepat dari para wasit.

West Ham kerap mendapat keputusan merugikan dari para wasit, termasuk gol dari Manuel Lanzini saat melawan Arsenal yang dinyatakan offside dan hukuman penalti pada menit terakhir yang dijatuhkan kepada mereka saat bermain imbang dengan Leicester City.

Bagaimanapun, Bilic menegaskan bahwa skuadnya -- yang saat ini menduduki peringkat keenam di Liga Inggris -- hanya fokus pada penampilan mereka, ketimbang merasa dirugikan oleh wasit.

"Pada satu sisi, terasa indah untuk mengetahui bahwa kami dapat menduduki peringkat kedua di klasemen (dengan keputusan-keputusan yang tepat) namun hal terpenting adalah kami bermain baik dan kami berada dalam posisi yang bagus menjelang empat pertandingan terakhir," ucapnya kepada para pewarta pada Kamis.

"Saya tidak ingin membicarakan hal itu lagi sekarang. Apakah keputusan-keputusan bagus dan keputusan-keputusan buruk akan mempengaruhi? Yah, menurut klasemen, mereka tidak (berpengaruh)."

Menambahi pernyataan mantan asisten wasit di Piala Dunia Turner, mantan wasit papan atas lainnya Keith Hackett mengatakan bahwa suasana intimidasi di Upton Park dapat menekan para wasit untuk membuat keputusan-keputusan yang keliru.

"Menurut saya apa yang mungkin mempengaruhi permainan adalah fakta bahwa penontonnya begitu riuh. Para pengikut West Ham mebuat para wasit mengalami saat-saat yang tidak nyaman dengan reaksi mereka terhadap keputusan-keputusan yang dihasilkan, benar atau pun salah," kata Hackett kepada media Inggris.

Bilic menepis spekulasi yang mengait-ngaitkan Aaron Creswell dengan kepindahan dari West Ham United, setelah penampilan menjanjikan bek kiri itu di musim ini yang membuatnya diincar sejumlah klub.

Creswell (26) didatangkan klub London ini dari tim strata kedua Ipswich Town pada 2014 dan dua gol serta empat assistnya membuat dirinya terpilih sebagai Pemain Terbaik klub 2014 pada musim debutnya.

Creswell menjalani musim bagus lainnya dan memainkan peran kunci pada gebrakan tidak terduga West Ham untuk merebut spot Eropa di liga.

"Aaron menjalani musim yang hebat... Ia hampir seperti pengatur permainan dari pertahanan. Permainan bertahan Aaron berkembang dan ia sekarang hampir menjadi pemain yang lengkap," kata Bilic. "Ia secara alami menjadi menarik bagi banyak klub yang bagus. Saya telah berbicara kepadanya. Pertama, ia berada di bawah kontrak dan kedua, dan yang lebih penting, ia benar-benar gembira berada di sini dan tidak sabar untuk menjalani masa yang akan datang."

West Ham akan melawat ke markas tim peringkat ke-13 West Browmich Albion di The Hawthorns pada Sabtu, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016