Padang (ANTARA News) - Undian putaran final Irman Gusman Cup (IGC) ditetapkan menjadi empat grup yakni, grup A dan D diisi masing-masing lima tim, sedangkan untuk grup B dan C diisi empat tim.

Wakil Ketua Panitia IGC Nofrialdi Nofi Sastera di Padang, Minggu, mengatakan sistem dan peraturan pertandingan pada putaran final tidak mengalami mengalami perubahan dari tingkat kota maupun kabupaten.

"Jika dalam pertandingan grup berakhir imbang akan langsung dilanjutkan dengan babak adu penalti langsung, penentuan juara maupun runer up apabila terdapat kesamaan poin akan dipilih berdasarkan head to head. Pada babak perempat final kalau pertandingan imbang dilakukan tambahan waktu, jika masih imbang baru dilakukan adu penalti," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD RI sekaligus yang menjadi ikon turnamen Irman Gusman mengatakan walaupun masih belum banyak ditemukan pemain berpotensi yang prestasi namun Sumbar mempunyai pelatih yang dapat diandalkan untuk tumbuh kembang persepakbolaan Sumbar.

Ia melanjutkan, dengan adanya IGC ini bukan saja untuk mencari tim terbaik se-Sumbar, lebih dari itu IGC digelar untuk membangkitkan persepakbolaan Sumbar, salah satu dengan mencari dream team dari semua tim untuk nanti bisa membela Sumbar pada PON 2020 di Papua.

"Persepakbolaan Sumbar menjadi role model karena ini bentuk pembinaan jangka panjang, kita juga menjadi contoh bagaimana membangun sebuah sistem, Sumbar jaya di Indonesia, Indonesia jaya di Asia dan dunia," lanjutnya.

Ia mengaberharapkan, bagi setiap tim, perangkat pertandingan, dan panitia untuk terus meningkatkan sportifitas dalam bertanding.

"Wasit, official, harus melakukan tugasnya sesuai aturan, karena, tujuannya membangkitkan sepak bola Sumbar. Setelah dream team nanti terbentuk, bisa didatangkan pelatih dari luar negeri atau membawa anak-anak kita ke luar untuk berlatih sepak bola," pungkasnya.

Selain pertandingan inti IGC putaran final ini juga menjanjikan beberapa pertandingan menarik.

Pembagian Grup putaran final IGC se-Sumbar

Grup A

Lap PSTS Tabiang

1. Pasaman (Kabuaten Pasaman Barat)

2. Rao (Kabupaten Pasaman)

3. Kampung Dalam (Kabuten Padang Pariaman)

4. Lubuk Sikarang (Kabupaten Solok)

5. Pulau Punjuang (Kabupaten Dharmasraya)

Grup B

Lap. FIK-UNP Lubuakbuayo

1. Sungayang (Kabupaten Tanah Datar)

2. Kototangah (Kota Padang)

3. Sangir (Kabupaten Solok Selatan)

4. Mandiangin (Kota Bukittinggi)

Grup C

Lap. FIK Cengkeh

1. Lubuk Basung (Kabupatem Agam)

2. Koto Tujuah (Kabupaten Sijunjung)

3. Gunung Talang (Kabupaten Solok)

4. Harau (Kabupten 50 Kota)

Grup D

Lap. BBC Batuang Taba

1. Bayang (Kabupaten Pesisir Selatan)

2. Lembah Segar (Kota Sawahlunto)

3. Padang Panjang Timur (Kota Padang Panjang)

4. Payakumbuh Barat (Kota Payakumbuh)

5. Pariaman Selatan (Kota Pariaman)

Pewarta: MR Denyau
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016