Saya tidak gentar, atau kecil hati. Ini sepak bola. Bukankah bola itu bundar?
Manchester (ANTARA News) - Realitas menjelaskan realitas. Manchester United (MU) menghadapi pekerjaan rumah tidak kecil, yakni membobol gawang Liverpool sekurang-kurangnya tiga gol, tanpa kebobolan dari lawan.    

Manchester United menghadapi realitas, ketika mengalami defisit dengan menelan kekalahan 0-2 dari laga pertama di Anfield pekan lalu. Kini, skuad berjuluk Iblis Merah siap menjamu pasukan The Reds dalam laga kedua babak 16 besar Liga Europa di stadion Old Trafford, Manchester, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 03.05 WIB. Duel itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Terang benderang bahwa Liverpool berada di atas angin. Dua gol yang dilesakkan oleh Daniel Sturridge dan Roberto Firmino membuktikan sebuah realitas bahwa permainan atraktif dengan terus menyerang lawan merupakan kredo sejati sepak bola.

Sepeninggal manajer gaek Alex Ferguson, justru Manchester United di bawah asuhan manajer Louis Van Gaal mengingkari realitas. Lebih dari sekali fans Iblis Merah berseru dan berteriak kepada skuad old Trafford "serang, serang, serang".

Pasukan asuhan pelatih Juergen Klopp -dengan gaya permainan yang menekan lawan tiada henti - mampu memenuhi dahaga publik Inggris dan dunia akan sajian sepak bola yang memadahi kondisi sejati relasi antar manusia: konflik!

Realitas konflik menjelaskan bahwa menyerang merupakan setengah dari perjuangan meraih kemenangan. Liverpool beroleh modal positif menghadapi duel di markas United. Jordan Henderson dan kawan-kawan mempunyai sepekan istirahat menghadapi laga di leg kedua ini.

Situasi di ujung tanduk justru dihadapi Juan Mata dan kawan-kawan. Akhir pekan lalu, skuad asuhan Van Gaal nyaris terdepak dari ajang Piala  FA ketika mereka bermain imbang melawan West Ham pada Minggu.

Skuad Van Gaal juga siap bertarung derbi melawan Manchester City pada Minggu (21/3). Kemenangan merupakan harga mati bagi United bila ingin lolos di zona empat besar Liga Champions.

Marouane Fellaini siap tanding, meski United tampil tanpa Antonio Valencia dan Ashley Young. Dalam sesi latihan kedua pemain itu tampak turun bersama rekan-rekannya.

Meneer Van Gaal besar kemungkinan menurunkan Bastian Schweinsteiger, dan ada harapan bahwa Jesse Lingard siap turun karena lepas dari suspensi yang didapat saat laga leg pertama.

Liverpool akan diperkuat James Milner. Gelandang yang kerapkali tampil dinamis ini telah pulih dari serangan virus yang menyebabkan dia absen di laga pertama. Hanya saja, kubu The Reds tampil tanpa Jon Flanagan.
Komentar manajer:

* Juergen Klopp (Liverpool):
"Kami harus melupakan bahwa kami unggul 2-0 di leg pertama dan kini bertanding kembali melawan mereka. Kami berharap memperoleh atmsofer bertanding yang baik. Saya suka, manakala seseorang membenci anda. Tidak masalah juga."

"Saya tidak paham ketika kerumunan fans bersorak dan bernyanyi. Itu hal yang mudah bagi saya. Kami akan menunjukkan bahwa atmosfer bertanding yang baik mempengaruhi penampilan kami di laga besok."

"Berapa banyak fans Liverpool? Tiga ribu. Itu cukup. Jumlah itu sudah cukup lumayan. Jika saja mereka memberi penampilan terbaik, maka kami akan bayar kontan pula. Ini bukan soal kerumunan fans Manchester United melawan kerumunan fans Liverpool. Ini laga antar dua tim yang bersaning satu sama lain."

"Penampilan senantiasa merupakan satu alasan bagi atmosfer bertanding. Jika saja kami mampu tampil baik dan menyulitkan Manchester United maka kami siap bertanding dengan lebih rileks dan lebih fokus. Saya tidak gentar, atau kecil hati. Ini sepak  bola. Bukankah bola itu bundar?"

* Louis Van Gaal (Manchester United):
"Kami harus terus berjuang. Dalam olah raga anda dapat saja kalah dan menang. Untuk itu anda harus menerimanya. Hal itu memang sulit, tetapi anda harus menerimanya. Besok kami hanya ingin fokus dengan mengalahkan Liverpool. Mengalahkan mereka dengan skor 2-0 bukan 3-0 karana kami mampu melakoni laga perpanjangan waktu."

"Anda tahu bahwa kami mampu mencetak gol dalam hitungan tigda atau menit selama laga musim ini. Ini mungkin saja terjadi. Gol pertama dalam laga ini begitu krusial."
     
Prakiraan susunan pemain:

* Manchester United (4-2-3-1):

De Gea (penjaga gawang); Varela, Smalling, Blind, Rojo; Schweinsteiger, Schneiderlin; Martial, Herrera, Lingard; Rashford.
Pemain absen: Keane (cedera pangkal paha), Rooney (cedera lutut), Shaw (cedera engkel), Jones (cedera engkel), Valencia (cedera kaki)
Diragukan tampil: Young (cedera pangkal paha)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit: Smalling, Depay, Fellaini

* Liverpool (4-2-3-1):
Mignolet (penjaga gawang); Clyne, Lovren, Sakho, Moreno; Henderson, Can, Milner; Coutinho, Sturridge, Firmino.
Pemain absen: Gomez (cedera lutut, Ings (cedera lutut, Lucas (cedera paha)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit: Moreno, Lovren
 
Data dan fakta (Opta Facts):
* Manchester United menyabet 12 kemenangan dari 14 laga kandang melawan Liverpool di seluruh kompetisi (dua kali kalah).
* Daniel Sturridge mencetak lima gol dancmelepas lima asis dalam tujuh laga ketika melawan Manchester United di seluruh kompetisi.
* Manchester United perlu bangkit dari defisit dua gol di laga leg pertama, sementara Liverpool berada di atas angin.   
* United menjaringkan 21 gol dalam 10 laga di ajang kompetisi Eropa, kebobolan enam gol dan setengahnya berakhir dengan clean sheet.   
* Liverpool belum pernah kalah di kompetisi Eropa sejak Februari (empat menang, lima imbang)     
* Juan Mata berperan dalam delapan gol dalam sembilan laga terakhir melawan Liverpool di seluruh kompetisi (tiga gol dan lima assist)   
* Tiga dari lima gol Liverpool di ajang Liga Europa justru berasal dari tendangan penalti.  
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)    
 
* Manchester United: D L L W W

13/03/2016 Manchester United 1 - 1 West Ham United
10/03/2016 Liverpool 2 - 0 Manchester United
06/03/2016 West Bromwich Albion 1 - 0 Manchester United
02/03/2016 Manchester United 1 - 0 Watford
28/02/2016 Manchester United 3 - 2 Arsenal

* Liverpool: W W W L W
10/03/2016 Liverpool 2 - 0 Manchester United
06/03/2016 Crystal Palace 1 - 2 Liverpool
02/03/2016 Liverpool 3 - 0 Manchester City
28/02/2016 Liverpool 1 - 1 Manchester City
25/02/2016 Liverpool 1 - 0 Augsburg

Head To Head:
10/03/2016 Liverpool 2 - 0 Manchester United
17/01/2016 Liverpool 0 - 1 Manchester United
12/09/2015 Manchester United 3 - 1 Liverpool
22/03/2015 Liverpool 1 - 2 Manchester United
14/12/2014 Manchester United 3 - 0 Liverpool

Prediksi hasil laga: (Goal.com)
* Manchester United 3 - 0 Liverpool (15 persen)
* Manchester United 1 - 2 Liverpool (10 persen)
* Manchester United 0 - 0 Liverpool (9 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Jelas bahwa Manchester United memerlukan keajaiban untuk membalik keadaan dengan menutup defisit dua gol agar dapat tetap bertahan di Liga Europa.
* Ini pekan-pekan yang menentukan bagi masa depan Louis Van Gaal selama meniti karier di United, mengingat skuad Iblis Merah berada di posisi kelima klasemen Liga Inggris.
* Kepercayaan diri Liverpool sedang membuncah setelah membungkam fans United dalam laga pekan lalu. Apalagi mereka kini punya manajer sekelas Juergen Klopp yang mampu ciamik memotivasi para anak asuhannya.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Manchester United: 1
* Liverpool: 3

Berikut laga antara Liverpool vs Manchester United dalam Liga Europa:

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016