Manchester (ANTARA News) - Punggawa Manchester City siap tempur. Berbekal optimisme, berdasar kemenangan 3-1 di leg pertama, pasukan asal Liga Inggris (Premier League) ini siap mencurahkan daya kekuatan, menggelontorkan kemampuan demi lolos ke perempat final ajang Liga Champions.

The Citizens, julukan bagi Manchester City, tidak asal bunyi alias asbun. Pasukan asuhan pelatih Manuel Pellegrini siap meladeni perlawanan dari Dynamo Kiev (Ukraina) dalam laga kedua babak 16 besar Liga Champions 2015/16 yang digelar di Etihad Stadium, Manchester, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Barisan Manchester Biru boleh mengembangkan asa. Babak perempat final Liga Champions berada di depan mata asal mereka tidak kalah dengan selisih dua gol ketika menjamu pasukan asuhan pelatih Sergei Rebrov.

Dalam pertemuan pertama, Manchester City menang 3-1 dalam pertemuan pertama di babak 16 besar Liga Champions 2015/16 yang dihelat di Kiev pada bulan lalu.

Yaya Toure siap memperkuat City melawan tim tamu asal Ukraina. Pemain timnas Pantai Gading ini tidak mencetak gol ketika melawan Norwich pada Sabtu pekan lalu. Ia mengalami cedera kaki, dan mulai berlatih pada Senin pagi ini.

Toure memang siap bertanding di Etihad Stadium, hanya saja tim tuan rumah terusik dengan badai cedera pemain yang meliputi Kevin De Bruyne, Samir Nasri dan Fabian Delph. Ini pekerjaan rumah yang tidak kecil bagi manajer Manuel Pellegrini.

Di kubu tim tamu, Dynamo Kiev baru saja menang 2-1 di Karpaty Lviv dalam ajang Liga Ukraina pada Jumat pekan lalu. Kemenangan ini jelas mendongkrak mentalitas bertanding tim asuhan pelatih Rebrov menghadapi jagoan dari Liga Inggris.

Tim pimpinan klasemen Liga Ukraina itu tidak terguncang oleh badai cedera pemain. Hanya saja Mykola Morozyuk akan absen dalam satu sampai dua bulan ke depan. Ia mengalami cedera kaki yang serius.

Bek Dynamo Yevhen Khacheridi sekurangnya perlu lebih tampil garang mengawal lini pertahanan menghadapi barisan penyerang City yang dikenal beringas. Jika tidak ingin kebobolan banyak gol maka jelas bahwa tim asal Ukraina ini perlu ekstra memperkuat posisi bek.

Komentar manajer:




* Manuel Pellegrini (Manchester City):

"Saya berpendapat bahwa kami mengalami peningkatan. Tim ini tidak lolos ke babak 16 besar sebelum saya datang dan melatih. Kami mampu mencapai prestasi serupa sebanyak dua kali."

"Saya beranggapan bahwa kami terus mengalami peningkatan karena mampu keluar sebagai juara grup. Sekarang kami perlu terus meningkatkan penampilan agar mampu melaju ke babak selanjutnya."

"Hal yang terpenting bahwa kami tahu cara menghadapi tim yang besar. Bagi saya, inilah target pertama klub ini. Sesudah itu, kami baru coba melihat siapa lawan yang bakal kami hadapi di babak berikutnya."

"Kami berusaha tampil dengan tim terbaik manakala melawan Dynamo Kiev dalam laga di kandang. Kami perlu meraih kemenangan dan perlu menurunkan skuad yang paling kuat agar mampu tampil lebih baik dibandingkan di babak pertama."



* Sergei Rebrov (Dynamo Kiev):
"Kami berusaha tampil tanpa merasa gugup. Saya berpendapat bahwa kami masih punya kesempatan asal para pemain tidak merasa gugup dan tidak gentar. Jika bermain lebih rileks maka mereka mampu meraih peluang menang."

"Untuk itulah, kami siap bertanding sekuat kemampuan agar meraih hasil positif, dibandingkan dengan hasil di leg pertama. Kami harus fokus. Kami harus bekerja lebih keras dan kami harus lebih kuat. Kami punya banyak pemain yang mampu tampil baik."

"Kami harus tampil sebagai tim. Kami jelas ingin turun dengan kekuatan penuh dari awal pertandingan, meskipun masih senantiasa melihat situasi yang berkembang."  
 
Prakiraan susunan pemain:




* Manchester City (4-2-3-1):

Hart (penjag gawang); Sagna, Kompany, Otamendi, Clichy; Fernandinho, Touré; Navas, Silva, Sterling; Aguero.
Pemain absen: Delph (cedera betis), De Bruyne (cedera lutut), Tasende (susupensi)
 



* Dynamo Kiev (4-2-3-1):
 Shovkovskiy (penjaga gawang); Vida, Khacheridi, Dragovic, Antunes; Veloso, Buyalskiy, Garmash, Yarmolenko, Gusev; Teodorczyk.
Pemain absen: Rybka (cedera lutut), Morozyuk (cedera lutut), Moraes, Petrović), Burda, Myakushko, Rybalka (cedera pangkal paha)
Pemain diragukan tampil: Danilo Silva (cedera otot)
Absen di pertanding selanjutnya jika terkena kartu: Danilo Silva, Rybalka, Korzun, Buyalskiy

Data dan fakta: (Opta Facts)
 

* Manchester City mencapai babak knockout selama tiga musim berturut-turut di ajang Liga Champions. Hanya saja The Citizens tidak sampai lolos dari babak 16 besar, terdepak oleh Barcelona dalam dua kesempatan.
* Dynamo Kiev tidak lolos ke babak knockout Liga Champions sejak 1998/99. Tim asal Ukraina ini dikalahkan oleh Bayern Muenchen di semi-final.     
* Di antara 16 tim yang ada, Manchester City tampil sebagai tim yang mampu menorehkan clean sheet di Liga Champions musim ini.
* Manchester City hanya meraih satu clean sheet dalam 17 laga kandang di ajang Liga Champions. Itu diraih ketika melawan Bayern Muenchen pada Desember 2011 (2-0).    
* Manchester City mampu mencetak banyak gol dibandingkan dengan tim-tim lainnya dalam 15 menit laga Liga Champions selama musim ini.    
* Manchester City menerima lima kartu kuning dari wasit dalam tujuh pertandingan selama musim ini. Perolehan kartu ini terendah dibandingkan dengan tim lainnya di musim ini.        
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)    

* Manchester City: D W L W W
12/03/2016 Norwich City 0 - 0 Manchester City
05/03/2016 Manchester City 4 - 0 Aston Villa
02/03/2016 Liverpool 3 - 0 Manchester City
28/02/2016 Liverpool 1 - 1 Manchester City
24/02/2016 Dynamo Kyiv 1 - 3 Manchester City

* Dynamo Kyiv: W W D L W
11/03/2016 Karpaty Lviv 1 - 2 Dynamo Kyiv
05/03/2016 Dynamo Kyiv 2 - 0 Dnipro Dnipropetrovsk
01/03/2016 Oleksandria 1 - 1 Dynamo Kyiv
24/02/2016 Dynamo Kyiv 1 - 3 Manchester City
17/02/2016 Dynamo Kyiv 2 - 1 Strømsgodset

* Head to Head:
24/02/2016 Dynamo Kyiv 1 - 3 Manchester City
17/03/2011 Manchester City 1 - 0 Dynamo Kyiv
10/03/2011 Dynamo Kyiv 2 - 0 Manchester City

Prediksi laga (Goal.com):
* Manchester City 2 - 0 Dynamo Kyiv (21 persen)
* Manchester City 3 - 0 Dynamo Kyiv (15 persen)
* Manchester City 3 - 1 Dynamo Kyiv (10 persen)
 
Prediksi jalannya laga:
* Bukan tidak mungkin Dynamo Kiev bakal memaksakan hasil imbang. Soalnya, tim yang dihadapi sekelas Manchester City yang dihuni sederet penyerang haus gol.
* Benar bahwa Manchester City punya kelemahan, meski skua Dynamo Kiev perlu ekstra hati-hati dalam melapis pertahanan jika tidak ingin kebobolan banyak gol.  
* Dynamo Kiev di bawah asuhan pelatih Sergei Rebrov menampilkan pola permainan yang tangguh dan kokoh.
* Duel ini bisa saja berjalan sengit. Tidak mudah juga bagi tim tamu untuk melumat tim asal Ukraina. Dynamo mampu menundukkan Porto dan memaksa imbang Chelsea.
* Bermain di Etihad Stadium merupakan gizi tersendiri bagi Sergio Aguero dan kawan-kawan, dan tantangan tersendiri bagi Dynamo Kiev.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Manchester City: 2
* Dynamo Kiev: 0


Berikut laga pertama Dynamo Kiev vs Manchester City dalam babak 16 besar Liga Champions musim 2015/16 di Kiev pada Februari 2016:

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016