Zurich (ANTARA News) - Presiden baru FIFA Gianni Infantino menginginkan para pemain lebih banyak terlibat dalam menjalankan olahraga ini dan merekomendasikan pendekatan yang berhati-hati terhadap penggunaan teknologi.

"Penting bahwa para pemain terlibat karena mereka merupakan bintang-bintang sepak bola," ucapnya pada wawancara di situs resmi FIFA, sehari setelah ia mengambil alih kepemimpinan di badan sepak bola dunia itu.

"Mereka harus terlibat pada proses pengambilan keputusan. Kami perlu mendengar para pemain, kami perlu mendengar suara-suara mereka, untuk pengalaman mereka, untuk melibatkan mereka dalam aktivitas-aktivitas yang kami lakukan."

Infantino, yang terpilih pada Jumat untuk menggantikan Sepp Blatter, telah mewarisi organisasi yang dinodai skandal pada tahun lalu.

Sejumlah pejabat sepak bola, termasuk dua petinggi FIFA saat itu, telah ditahan di AS dan Blatter sendiri diskors enam tahun untuk pelanggaran-pelanggaran etika.

Infantino mengatakan olahraga tidak dapat menutup mata pada penggunaan teknologi untuk membantu para wasit, namun harus berhati-hati agar hal itu tidak terlalu banyak menginterupsi pertandingan.

"Krusial untuk melihat apakah dampak teknologi akan mempengaruhi alur permainan," ucapnya.

"Sepak bola merupakan permainan istimewa, ini merupakan olahraga terindah dan terpenting di dunia, dan kita tidak boleh membunuh sepak bola."

"Jika alur permainan dijamin, maka saya pikir kita perlu melihat bagaimana teknologi dapat membantu permainan, kita harus mengawalinya dengan tes-tes yang lebih cepat lebih baik," demikian Infantino dilaporkan Reuters.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016