Barcelona (ANTARA News) - Juara dunia Formula 1 tiga kali Lewis Hamilton memuji mobil Mercedesnya yang "fantastis" setelah menyelesaikan tes pra musim pertama dengan 99 putaran, sebelum waktu makan siang pada Kamis.

"Ini merupakan pekan pengujian yang luar biasa bagi kami karena kami melakukan lebih banyak jarak tempuh dibandingkan yang pernah kami lakukan sebelumnya," kata pebalap Britania itu kepada para pewarta di Circuit de Catalunya sebelum bergantian dengan rekan setimnya yang berasal dari Jerman Nico Rosberg untuk sesi petang.

"Sebelum kami datang ke sini tim berbicara mengenai melakukan 800 kilometer per hari dan saya berpikir itu hal yang gila. Saya tidak pernah melakukannya sebelumnya... Saya tidak pernah melakukan pekan seperti ini ketika mobil hanya terus melaju dan melaju."

Hamilton total melakukan 342 putaran, 156 di antaranya dilakukan pada hari pertama ketika mobilnya masih segar. Mereka melakukan 1.592 kilometer, lebih banyak dari jarak lima balap di sirkuit Gand Prix Spanyol.

Dengan penggunaan unit power turbo hybrid V6 yang sekarang telah menginjak tahun ketiga mereka, daya tahan menjadi lebih baik di seluruh lapangan ketimbang tahun lalu dengan lebih sedikit bendera merah untuk menghentikan aksi di trek.

Meski demikian, juara bertahan Mercedes mampu mengungguli rival-rival mereka terkait jarak tempuh, torehan yang lebih baik di fase ini dibanding kecepatan langsung karena mobil-mobil lain dapat memiliki muatan bensin yang berbeda.

"Mobil terlihat fantastis," kata Hamilton. "Tentu saja kami tidak tahu kecepatan mobilnya sekarang, namun apa yang dapat kami katakan adalah ini berlalu seiring laju dan ini separuh pertarungan."

Pebalap McLaren Fernando Alonso, juara bertahan dua kali yang menjalani 2015 dengan buruk karena mesin Honda yang tampil di bawah standar, semangatnya terangkat pada Rabu ketika ia mengukir 119 putaran.

Mereka kembali merosot pada Kamis, di mana pebalap Spanyol itu hanya mengukir tiga putaran pada pagi hari dan tidak mampu menorehkan waktu resmi karena genangan air.

"Saya pikir mereka sangat, sangat kuat," ucapnya mengenai Mercedes. "Mereka mungkin lebih kuat dibanding sebelumnya."

Ferrari, rival terdekat Mercedes pada tahun lalu, terlihat cukup cepat di mana Sebastian Vettel menjadi yang tercepat pada dua hari pertama, dan rekan setimnya yang berasal dari Finlandia Kimi Raikkonen terdengar cukup gembira pada Rabu.

"Saya yakin ini akan menjadi mobil yang lebih baik dibanding tahun lalu," ucapnya. "Kami gembira sejauh ini bahkan meski kami masih memiliki banyak hal untuk dilakukan."

Musim baru dimulai di Grand Prix Australia di Melbourne pada 20 Maret. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016