Cilacap (ANTARA News) - Ratusan rumah di Desa Tarisi terendam banjir akibat hujan lebat yang terjadi sejak Rabu sore kemarin hingga Kamis dini hari lalu, kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, banjir tersebut merendam 207 rumah di empat dusun," kata dia di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis siang.

120 unit rumah terendam di Dusun Rangkasan, 15 rumah di Dusun Cikaronjo, di Dusun Meluwung 10 rumah dan di Dusun Sidodadi 62 rumah.

"Banjir tersebut tidak mengakibatkan terjadinya pengungsian," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kepolisian Sektor Wanareja Ajun Komisaris Polisi Sudarsono mengatakan bahwa hingga Kamis siang tinggi genangan air sudah berangsur surut karena pintu Bendungan Menganti di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat telah dibuka oleh petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy.

Selain merendam rumah-rumah warga, banjir ini juga merendam puluhan hektare sawah di Desa Tarisi dan ruas jalan provinsi yang menghubungkan Sidareja dengan Cukangleleus di jalur selatan Jawa Tengah.

BPBD Cilacap bersama Pemerintah Desa Tarisi dibantu Polsek Wanareja akan menyalurkan bantuan bahan makanan kepada korban banjir.


Pewarta: Sumarwoto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016