Padang (ANTARA News) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melepas suporter sepak bola yang akan mendukung tim Semen Padang pada final Piala Jenderal Sudirman, Minggu (24/1) di Gelora Bung Karno (GBK).

"Kami memberikan dukungan dan semangat untuk pertandingan tim Semen Padang melawan tim Mitra Kukar dengan menyiapkan dua bus untuk tim suporter yang akan mendukung tim Semen Padang yang akan bertanding di GBK," katanya di Padang, Kamis.

Suporter yang mendukung tim Semen Padang ke GBK sebanyak 125 orang yang terdiri atas 65 orang dari Spartack dan 60 orang dari The Kmers. Untuk suporter spartack terdapat 13 orang perempuan yang ikut menjadi suporter untuk tim "Kabau Sirah".

"Perjalanan tim suporter akan berjalan dengan lancar, aman dan suportivitas tetap terjaga pada saat pertandingan," katanya.

Pemerintah Kota Padang juga mendorong untuk perantau memberikan dukungan kepada tim dari Ranahminang ini yang akan mempersatukan masyarakat Sumbar.

"Masyarakat maupun perantau akan bersatu, termotivasi dan terdorong sehingga terjadinya kemajuan dan perkembangan di bidang olahraga khususnya sepak bola," katanya.

Pemerintah Kota Padang terdapat kompetisi-kompetisi seperti piala walikota yang akan dilaksanakan pada 26 Februari 2016.

"Kami membutuhkan dukungan perantau, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk perkembangan olahraga di Sumbar khususnya Padang," harapnya.

Sementara itu, di Padang juga terdapat akademi sepakbola. Dimana akademi tersebut akan mengirimkan enam orang pemain usia muda untuk berlatih keluar negeri.

"Partisipasi generasi muda dalam olahraga dapat membuat olahraga di Padang semakin maju dan berkembang," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016