Orang Jerman akan merasa heran ketika mengetahui bahwa hasil imbang di laga Piala FA mengharuskan laga ulang.
London (ANTARA News) - Juergen Klopp memberi nasehat kepada Pep Guardiola mengenai ekstra padatnya jadwal laga di Liga Inggris (Premier League). Petuah ini diberikan pelatih Liverpool kepada pelatih Bayern Muenchen itu bila ingin meniti karier di Inggris.

Klopp mengalami sendiri padatnya jadwal laga di Inggris memasuki musim dingin ini. Sebagai pelatih Liverpool, mantan pelatih Borussia Dortmund itu ekstra kerras berjuang di Liga Inggris menghadapi jadwal-jadwal pertandingan di Piala FA dan Piala Capital One, sebagaimana dikutip dari laman NBC Sports.

Setelah malang melintang di Bundesliga, yang nota bene mengambil liburan di musim dingin, Klopp mulai mengeluh mengenai padatnya jadwal laga di Inggris.

Akibat jadwal laga yang padat itulah, Klopp kini disibukkan dengan cederanya sejumlah pemain. Memasuki musim perdana di Anfield, pelatih berpaspor Jerman itu perlu putar otak untuk memanfaatkan dan mendayagunakan sejumlah pemain cadangan.

Ketika ditanya mengenai apa nasehat yang perlu diberikan kepada Guardiola bila memang berniat meninggalkan Bayern Muenchen kemudian meniti karier di Inggris di akhir musim ini, Klopp menggarisbawahi mengenai padatnya jadwal pertandingan.

"Saya tidak harus mengatakan apa-apa kepada Pep Guardiola karena ia toh memiliki segudang pengalaman. (Hanya) saja sejumlah perbedaan, perlu ia pertimbangkan dengan masak."

"Ketika saya datang ke sini, saya tidak tahu sebelumnya bahwa ada dua putaran dalam babak semi-final Piala Capital One. Saya katakan bahwa orang di Jerman mengatakan pada pekan lalu, ya, anda harus menghadapi laga final lagi! Wah, benar-benar luar biasa!"

"Orang Jerman akan merasa heran ketika mengetahui bahwa hasil imbang di laga Piala  FA mengharuskan laga ulang. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seputar banyaknya laga sepak bola, sepak bola, sepak bola, sepak bola. Dengan meraih hasil sempurna di ajang pra-musim, anda wajib menyiapkan diri untuk melangkah lebih jauh lagi."

Guardiola memang telah mengumumkan bahwa ia akan berangkat ke Inggris pada musim panas ini, meski Manchester City disebut-sebut bakal mendapat persetujuan kontrak dari mantan pelatih Bayern Muenchen itu.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016