London (ANTARA News) - Pasar saham utama Eropa dibuka jatuh pada Kamis, setelah aksi jual besar-besaran melanda seluruh Asia karena tingginya ketegangan atas lemahnya ekonomi Tiongkok.

Tak lama setelah dibuka pada sekitar pukul 08.15 GMT, indeks FTSE 100 di London turun 1,9 persen menjadi 5.957 poin dibandingkan dengan penutupan Rabu, seperti dilaporkan AFP.

Di zona euro, indeks DAX 30 di Frankfurt merosot 2,9 persen menjadi 9.917,3 poin dan indeks CAC 40 di Paris berkurang 2,4 persen menjadi 4.373,8 poin.

Pasar Tiongkok dihentikan pada Kamis untuk hari kedua pekan ini setelah mereka jatuh lebih dari tujuh persen, mendorong aksi jual luas di Asia, karena Beijing melemahkan nilai mata uang yuan-nya yang terbesar sejak Agustus.

"Pasar ekuitas melanjutkan kerugian curam mereka ... karena sentimen investor ditekan oleh berbagai faktor," kata Lukman Otunuga, analis di kelompok perdagangan FXTM.

"Ini termasuk kembalinya kekhawatiran atas pertumbuhan global menyusul data lemah dari Tiongkok ... sementara meningkatnya ketegangan geopolitik antara Arab Saudi dan Iran serta uji coba nuklir tak terduga dari Korea Utara juga telah mendorong para investor untuk menghindar dari aset-aset berisiko."

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016