Merauke (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintah akan mengucurkan dana Rp700 miliar untuk pembangunan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) di Merauke, Papua.

Untuk tahap awal akan dikuncurkan dana senilai Rp 200 miliar , kata Presiden Jokowi, disela-sela kunjungan di Pelabuhan Perikanan Samudera di Kali Maroo, Merauke, Rabu.

Dikatakan Presiden, pembangunan PPS itu sangat dibutuhkan karena tanpa adanya fasilitas penunjang, maka potensi alam di bidang perikanan tidak dapat dikelola semaksimal mungkin.

Presiden menilai, Papua kaya potensi perikanannya yang selama ini hasilnya diekspor melalui Surabaya, sehingga nantinya PPS Merauke secara bertahap dapat digunakan oleh para investor berniaga secara lebih luas.

Didampingi Gubernur Papua, Lukas Enembe, dan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, Presiden Jokowi menegaskan bahwa fasilitas yang dimiliki PPS Merauke memang perlu dilengkapi, dan diharapkan peran investor menangani fasilitasnya.

Presiden juga menyatakan, pemerintah akan memberikan 3.400 kapal penangkap ikan kepada nelayan, namun berapa banyak yang akan diserahkan ke nelayan Merauke akan dihitung sesuai kebutuhannya.

"Pemerintah akan menyiapkan infrastruktur, baik itu pelabuhan maupun kapal, sehingga produksi dapat ditingkatkan," demikian Presiden Jokowi.

PPS Merauke dibangun sejak 2004 dan sudah menghabiskan dana sekira Rp 198 miliar.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015