Merak (ANTARA News) - Lalu lintas di pelabuhan penyeberangan Merak, Cilegon, Banten, lancar pada H+1 Natal dan tidak terjadi antrean kendaraan maupun penumpang pejalan kaki.

"Semua penumpang pejalan kaki maupun kendaraan bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatera tanpa kemacetan," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Merak, Mario Sardadi Oetomo di Merak, Sabtu.

Selama ini, penyeberangan Pelabuhan Merak kembali normal setelah beberapa hari terakhir dipadati kendaraan pribadi juga penumpukan penumpang pejalan kaki.

Arus kendaraan dari Tol Merak menuju Pelabuhan Merak terlihat lancar tanpa terjadi antrean.

Kelancaran arus kendaraan tersebut karena kondisi cuaca di Perairan Selat Sunda kembali normal.

Selain itu juga lintasan lima dermaga dapat menampung ribuan kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

ASDP juga mengoperasikan kapal "roll on roll of" atau Ro-Ro, sehingga kegiatan bongkar muat bisa dipercepat.

"Kami terus bekerja keras agar arus kendaraan berjalan lancar dalam menghadapi liburan panjang akhir tahun," katanya.

Sementara sejumlah sopir truk mengatakan pada H+1 Natal kondisi Pelabuhan Merak lancar tanpa kepadatan kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami hari ini tidak menunggu berlama-lama di dermaga pelabuhan karena bisa langsung diseberangkan ke Bakauheni, Lampung," kata Agus Salim (45), sopir truk pengangkut sembako yang hendak menuju Lampung.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015