Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Prof Dr Ir Indroyono Soesilo menerima penghargaan dari Organisasi Federasi Insinyur ASEAN (AFEO) dalam konferensi tahunan AFEO ke-33 di Penang, Malaysia, pada 25 November 2015.

"AFEO menganugerahkan penghargaan FEO Distinguished Honorary Fellow atau Anggota Kehormatan AFEO kepada saya," kata Indroyono dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan atas jasa-jasanya dalam mengembangkan keinsinyuran di Indonesia dan karya-karyanya berdampak hingga ke wilayah Asia Tenggara.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua AFEO Dato Ir Lim Chow Hock yang didampingi Sekretaris Jenderal AFEO Ir PE Chong kepada Ketua Persatuan Insinyur Indonesia yang juga Ketua Dewan Riset Nasional Dr Bambang Setiadi mewakili Indroyono Soesilo.

AFEO menilai alumnus Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) 1979 ini telah berjasa mengembangkan teknologi penginderaan jauh (remote sensing) di Indonesia.

Selain itu, Indroyono juga mengembangkan berbagai aplikasi untuk pengembangan wilayah, inventarisai dan pemantauan hutan, eksplorasi mineral dan migas serta penangkapan ikan di laut.

AFEO juga menilai bahwa dalam penetapan kebijakan-kebijakan pembangunan nasional, Indroyono selalu mengedepankan pengembangan kapasitas, alih teknologi dan pemberian nilai tambah produk-produk nasional.

Indroyono Soesilo menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman pada Oktober 2014 hingga Agustus 2015 kemudian digantikan oleh Rizal Ramli sebagai bagian dari perombakan Kabinet Kerja 2014-2019.

Pewarta: Libertina Widyamurti Ambari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015