Hari Pahlawan itu semua orang bisa jadi pahlawan tapi dengan kriteria bahwa dia menjalankan tugasnya, profesinya dan kehidupannya,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla mengatakan setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang yang digeluti, dengan tujuan memberikan manfaat baik bagi masyarakat luas.

"Hari Pahlawan itu semua orang bisa jadi pahlawan tapi dengan kriteria bahwa dia menjalankan tugasnya, profesinya dan kehidupannya," kata Wapres di Jakarta, Senin.

Menjadi pahlawan juga tergantung pada masanya. Di masa kini, untuk menjadi pahlawan tidak harus dilakukan dengan perang atau kekerasan, melainkan memberikan pengaruh baik bagi masyarakat.

"Di tahun 1945, pahlawan itu berjuang dengan berperang menggunakan senjata. Dewasa ini tentu kalau pegang senjata malah seperti teroris. Jadi ya berjuang yang mempengaruhi masyarakat dengan positif. Itulah pahlawan," katanya menambahkan.

Wapres juga menyinggung peran jurnalis sebagai pahlawan bagi bangsa dengan menginformasikan kepada masyarakat.

"Wartawan juga, kalau bisa membuat laporan yang menggairahkan masyarakat, mendorong, memotivasi dan menginsipirasi masyarakat, maka itu juga pahlawan di bidangnya," katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2015, Wapres Kalla akan memimpin Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/11).

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015