New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street ditutup dengan sebagian besar saham naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena para investor menyambut laporan ketenagakerjaan AS yang kuat, mengangkat kemungkinan Federal Reserve menaikkan suku bunganya pada Desember.

Beberapa analis mengatakan sekarang mereka memperkirakan The Fed bergerak maju dengan kenaikan pada Desember setelah Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan penambahan 271.000 pekerjaan pada Oktober, lebih baik dari perkiraan.

Para investor kadang-kadang menjual saham karena takut suku bunga yang lebih tinggi.

Tetapi "penafsiran sekarang bahwa laporan ini bisa berarti kegiatan ekonomi lebih kuat dan dalam jangka panjang positif untuk ekuitas," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Rockwell Global Capital, seperti dilaporkan AFP.

Dow Jones Industrial Average naik 46,90 poin (0,26 persen) menjadi ditutup pada 17.910,33.

Indeks berbasis luas S&P 500 turun 0,73 poin (0,03 persen) menjadi berakhir di 2.099,20, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 19,38 poin (0,38 persen) menjadi 5.147,12.

Saham-saham bank besar menguat dengan harapan bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan meningkatkan keuntungan. JPMorgan Chase naik 3,0 persen, Bank of America naik 3,7 persen dan Wells Fargo bertambah 1,8 persen.

Anggota Dow, Disney melonjak 2,4 persen karena keuntungan untuk kuartal yang berakhir 3 Oktober naik 7,3 persen menjadi 1,6 miliar dolar AS. Laba operasi naik di usaha jaringan olahraga ESPN serta taman hiburan dan resort.

Valeant Pharmaceuticals International naik 3,8 persen, memulihkan beberapa kerugian dari Kamis, ketika kehilangan 14,4 persen.

Raksasa farmasi Kanada, yang telah menghadapi kritik atas praktek akuntansi dan penetapan harga obatnya, Goldman Sachs mengatakan pada Kamis telah menjual 1,3 juta saham Valeant yang dipegang sebagai jaminan untuk pinjaman sebesar 100 juta dolar AS kepada kepala eksekutif Valeant, J. Michael Pearson.

Valeant mengatakan pinjaman itu digunakan untuk membiayai kontribusi amal dan memenuhi pajak yang terkait dengan kompensasi dalam saham Valeant.

Youku Tudou, setara YouTube di Tiongkok, melonjak 7,3 persen karena berita pihaknya akan diakuisisi oleh raksasa Internet Tiongkok Alibaba sekitar 4,8 miliar dolar AS. Alibaba turun 2,1 persen.

Weight Watchers International naik 35,20 persen setelah melaporkan laba 38 sen per saham untuk kuartal yang berakhir 3 Oktober, jauh di atas 29 sen yang diperkirakan oleh para analis.

Weight Watchers pada 19 Oktober mengumumkan Oprah Winfrey bergabung dengan dewan, berita itu mendorong sahamnya lebih tinggi menjelang laporan laba.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun naik menjadi 2,33 persen dari 2,24 persen pada Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,09 persen dari 3,00 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015