Bordeaux, Prancis (ANTARA News) - Sebanyak 42 orang, kebanyakan berusia lanjut, tewas saat bus yang mereka tumpangi menabrak truk yang kemudian menyebabkan kedua kendaraan terbakar di dekat Bordeaux di bagian selatan Prancis, kata pejabat dari kantor prefek setempat, Jumat.

Sementara lima orang lagi terluka, kata pejabat itu setelah kedua kendaraan bertabrakan dan terbakar di Puisseguin, dekat Libourne di daerah Gironde, sekitar 57 kilometer timur Bordeaux.

Lima penumpang yang berhasil lari dari bus yang terbakar hanya mengalami luka ringan dan tiga lainnya tak terluka menurut otoritas lokal.
 
Semua kecuali satu korban adalah penumpang bus, sementara korban yang lain adalah pengemudi truk, kata otoritas di perfektur Gironde.

Bus yang membawa 49 penumpang dan satu pengemudi itu berangkat Jumat pagi dari desa dekat tempat kecelakaan untuk membawa penumpang lanjut usia berwisata.

Kepada stasiun TV lokal, I-tele, seorang warga mengatakan bahwa kecelakaan itu terjadi di belokan yang terkenal berbahaya.

Kecelakaan di desa Puisseguin di utara Bordeaux itu merupakan kecelakaan paling mematikan di Prancis sejak 1982."Pemerintah Prancis sepenuhnya dikerahkan setelah tragedi mengerikan ini," kata Presiden Francois Hollande dari Athena, tempat dia melakukan kunjungan kerja, seperti dilansir kantor berita AFP.

Beberapa kendaraan darurat sudah dikerahkan ke lokasi kejadian.

Menurut statistik resmi, lebih dari 16.000 orang tewas setiap tahun di jalanan Prancis pada tahun 1970an. Namun dalam beberapa tahun terakhir, angka tersebut dapat ditekan sampai berada di bawah 4.000.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015