Firenze, Italia (ANTARA News) - Wakil Polandia Lech Poznan berhasil menciptakan kejutan di laga penyisihan Grup I Liga Europa dengan menjungkalkan Fiorentina 2-1 di hadapan publik Artemio Franchi, Italia, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu diperoleh berkat dua gol yang dicetak dua pemain pengganti mereka, Dawid Kownacki dan Maciej Gajos, masing-masing pada menit 65 dan 77.

Sementara gol tuan rumah terlambat datang, baru diciptakan pada menit 90 oleh Giuseppe Rossi.

Hasil itu mengangkat Poznan ke peringkat dua klasemen sementara dengan raihan empat poin, sementara Fiorentina terperosok ke dasar klasemen dengan koleksi tiga poin.

Hasil itu berbanding terbalik dengan statistik pertandingan yang sangat memperlihatkan dominasi Fiorentina sepanjang 90 menit permainan.

Fiorentina, menguasai 69 persen kepemilikan bola dan melepaskan 20 kali percobaan tembakan, yang sayangnya hanya empat di antaranya tepat sasaran.

Sementara Poznan hanya melakukan lima kali percobaan tembakan saja, yang dua di antaranya tepat sasaran dan berbuah gol.

Kownacki baru merumput selama dua menit saat ia mencetak gol pertama Poznan, setelah masuk menggantikan Denis Thomalla pada menit 63 akibat rekannya itu menderita cedera.

Namun petualangan Kownacki juga tak bertahan lama sebab 12 menit setelah mencetak gol ia juga harus menepi akibat cedera dan digantikan Gajos.

Akan tetapi pergantian pemain itu justru berbuah baik bagi Poznan, pasalnya lima menit berselang Gajos mencetak gol kedua tim tamu memanfaatkan situasi tendangan bebas.

Fiorentina yang sejak awal menyerang baru bisa memperoleh gol mereka pada menit terakhir waktu normal saat Rossi menyelesaikan umpan Matias Fernandez.

Upaya mereka untuk menambah gol juga harus terganjal sebab pada menit tambahan Ante Rebic harus keluar lapangan akibat diusir wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Dariusz Formella.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Fiorentina (4-3-3): Luigi Sepe (PG); Nenad Tomovic, Facundo Roncaglia, Davide Astori, Manuel Pasqual (Federico Bernardeschi); Matias Fernandez, Mario Suarez (Josip Ilicic), Joan Verdu (Matias Vecino); Ante Rebic, Khouma Babacar, Giuseppe Rossi
Pelatih: Paolo Sousa

Lech Poznan (4-2-3-1): Jasmin Buric (PG); Tomasz Kedziora, Dariusz Dudka, Marcin Kaminski, Tamas Kadar; Tetteh, Lukasz Tralka; Gergo Lovrensciscs, David Holman (Kasper Hamalainen), Dariusz Formella; Denis Thomalla (Dawid Kownacki/Maciej Gajos)
Pelatih: Jan Urban

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015