Jangan sampai keberadaan adat budaya lokal terpinggirkan oleh arus modernitas."
Jakarta (ANTARA News) - Dalam sosialisasi Empat Pilar di hadapan Forum Marga Adat Ketibung, Lampung, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan masyarakat yang memiliki dan mempertahankan adat adalah orang yang mempunyai tata krama.

"Demikian juga orang yang memegang adat merupakan orang yang punya sistem ketatanegaraan dan sistem pemerintah. Karena itu, masyarakat yang punya adat adalah masyarakat yang intelektual," katanya melalui keterangan tertulis MPR, Sabtu.

Zulkifli mengatakan, adat dan budaya lokal merupakan kekayaan yang sangat besar bagi bangsa Indonesia yang harus dihargai.

"Jangan sampai keberadaan adat budaya lokal terpinggirkan oleh arus modernitas. Apalagi, keberadaan budaya dan adat lokal bisa memperkaya budaya nasional," ucapnya.

Oleh karena itu, Ketua MPR meminta masyarakat untuk bangga dengan adat yang dimiliki, sebab, mereka yang menyalahkan adat dan membodohkan masyarakat adat adalah orang sakit.

"Empat pilar itu salah satunya adalah menghargai keberadaan masyarakat adat. Karena itu keberadaannya harus dijaga dan dilestarikan," demikian Zulkifli Hasan.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015