London (ANTARA News) - Setelah gagal mencetak gol pada dua pertandingan pembukaan liga di kandang sendiri untuk pertama kalinya dalam 36 tahun, Arsenal akan mencari gol-gol pertama sekaligus kemenangan perdananya di Stadion Emirates musim ini ketika mereka bermain melawan Stoke City pada Sabtu.

Pelatih Arsene Wenger telah mendapat banyak kritik dari para penggemar karena dianggap gagal memperkuat timnya pada bursa transfer musim panas, khususnya untuk sektor serangan.

Arsenal menghuni peringkat keenam di klasemen dengan koleksi tujuh angka dari empat pertandingan pembukaannya, yang termasuk kemenangan 2-1 di markas Crystal Palace, kemenangan 1-0 di kandang Newcastle, dan hasil imbang tanpa gol dengan Liverpool.

Namun dua dari tiga gol mereka merupakan gol bunuh diri, dan Arsenal terlihat kekurangan daya serang dengan cedera lutut yang menimpa Danny Welbeck, di mana sang penyerang harus absen setidaknya sampai Natal.

Termasuk kemenangan 1-0 mereka atas Chelsea pada Community Shield yang berlangsung Agustus, Arsenal hanya mencetak empat gol dari lima pertandingan sejauh ini.

Walau demikian, Wenger membela kebijakan transfernya pada Kamis, dengan mengatakan bahwa ia puas dengan timnya serta memiliki banyak pilihan di sektor serangan.

"Saya telah melakukan lebih dari 300 transfer dan setiap kali keputusan yang Anda buat adalah Anda membeli pemain untuk memperkuat tim Anda, bukan tidak (memperkuat tim)."

"Solusi-solusi yang kami miliki di sini tidak meyakinkan di sektor depan dan pada akhirnya Anda tidak membeli untuk memberikan harapan-harapan keliru."

"Anda ingin membeli karena pemain-pemain yang datang dapat membantu tim Anda menjadi lebih kuat."

"Membeli dan menjual merupakan satu cara untuk memperkuat tim Anda namun itu bukan satu-satunya cara."

Welbeck, hanya mencetak empat gol liga pada musim perdananya di Arsenal menyusul kepindahannya dari Manchester United setahun silam, namun ia memiliki rekor bagus di timnas Inggris dengan koleksi 14 gol dari 33 penampilannya untuk tim "Tiga Singa".

Tanpa dia, beban berat terletak di pundak Olivier Giroud, yang baru mencetak satu gol pada musim ini, dan Alexis Sanchez, yang belum mengemas satu gol pun, sebagai dua penyerang senior di tim Wenger, meski Theo Walcott, Santi Cazorla, dan Aaron Ramsey secara konsisten mendukung dengan gol-gol dari lini tengah pada masa lalu.

Wenger berkata bahwa Arsenal ingin mendatangkan penyerang, namun tidak mampu menemukan pemain depan yang sesuai untuk memperkuat tim.

"Ini mengenai menemukan solusi efisien," ucapnya. "Mereka tidak bisa hanya turun dari surga."

Saat ditanyai mengenai start Giroud di musim ini -- sang pemain dicemooh oleh para penggemar Prancis karena gagal memanfaatkan serangkaian peluang saat "Les Bleus" memainkan pertandingan persahabatan dengan Serbia pada Senin -- ia menjawab, "Saya memiliki keyakinan pada kemampuan dan kualitas para penyerang kami."

"Tentu saja saya yakin bahwa kami memiliki pelapis yang cukup dan kualitas yang cukup."

Terakhir kali Arsenal gagal mencetak gol pada dua pertandingan pembukaan di liga adalah pada Divisi Pertama pada Agustus 1979, ketika mereka kalah 0-2 dari Ipswich Town dan imbang 0-0 dengan Manchester United di Highbury -- hal serupa terjadi pada musim ini dengan kekalahan 0-2 dari West Ham disusul hasil imbang dengan Liverpool.

Jika mereka melihat pada pertanda-pertanda, pertandingan kandang ketiga mereka berakhir dengan kemenangan 2-0 atas Middlesbrough, hasil yang akan menyenangkan semua orang yang terhubung dengan klub pada akhir pekan ini. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015