Kalau visa tersebut sudah turun tentu 11 jemaah haji itu, akan diupayakan untuk bisa berangkat agar bisa nantinya bertemu dengan jemaah haji asal daerah ini yang sudah berangkat Senin (24/8)
Langkat, Sumut (ANTARA News) - Kementerian Agama Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, masih terus mengupayakan untuk keberangkatan 11 jemaah haji yang tertunda asal daerah itu, agar bisa bertemu dengan jemaah lainnya di Madinah.

"Kita masih terus menunggu turunnya visa untuk 11 jemaah haji Langkat," kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Langkat Drs H Tengku Darmansyah MA, melalui salah seorang panitia pemberangkatan haji Langkat Drs H Farhan Indra MA, di Stabat, Selasa.

Farhan Indra menjelaskan hingga sekarang ini visa untuk 11 jemaah haji Langkat yang belum juga turun dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta masih terus ditunggu oleh pihak mereka.

"Kalau visa tersebut sudah turun tentu 11 jemaah haji itu, akan diupayakan untuk bisa berangkat agar bisa nantinya bertemu dengan jemaah haji asal daerah ini yang sudah berangkat Senin (24/8)," katanya.

"Kita juga mendengar adanya seat yang banyak kosong pada penerbangan berikutnya, kiranya jemaah tersebut bisa nantinya diterbangkan di sana yaitu dengan Kloter 8," katanya.

Farhan Indra mengungkapkan untuk penerbangan haji di Sumatera Utara Kloter 1-12 yang merupakan gelombang pertama langsung menuju Madinah, sedangkan Kloter 13-17, gelombang kedua, menuju Makkah.

Harapan ini disampaikannya agar nantinya jemaah haji Langkat bisa bertemu dengan saudaranya yang sudah berangkat lebih dulu, kalau berangkat melalui gelombang kedua maka mereka tidak akan bertemu di sana.

"Untuk itu, panitia pemberangkatan Langkat terus berupaya untuk bisa memberangkatkan jemaah haji yang tertunda ini," ungkapnya.

Di antara jemaah asal Kabupaten Langkat yang ditunda keberangkatan karena visanya belum keluar di antaranya adalah Agus Salim Sunarto, Sukarman beserta istri, Rajima, Zulkifli Ilyas, Tasrinah, Silvi Jamilah, Warsira.

Farhan Indra juga menegaskan hingga sekarang ini petugas dari Kementerian Agama Sumatera Utara masih berada di Jakarta untuk menunggu dan menantikan visa mereka keluar, untuk segera dibawa ke Medan, dan selanjutnya jemaah diberangkatkan.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015