Roma (ANTARA News) - Bek internasional Italia Federico Balzaretti mengumumkan pada Rabu, bahwa ia pensiun karena cedera pangkal paha yang telah lama menderanya.

Cedera itu membuat bek Roma itu terpaksa absen selama satu setengah tahun.

"Ini merupakan keputusan yang sulit untuk diambil, namun saya tidak dapat terus bermain jika saya tidak 100 persen," kata pemain 33 tahun itu.

Balzaretti, yang tercatat 16 kali memperkuat timnas Italia, termasuk pada Piala Eropa 2012, akan bergabung dengan staf kepelatihan Roma.

Setelah pulih dari cederanya, ia mampu bermain untuk pertandingan terakhir Roma musim lalu, tampil selama 90 menit saat melawan bekas klubnya Palermo.

"Mampu bermain selama 90 menit terakhir dengan Roma merupakan impian bagi saya, dan saya berterima kasih kepada mereka untuk sesuatu yang mereka izinkan untuk saya lakukan," kata Balzaretti.

Ia memulai karirnya dengan klub kota kelahirannya Torino, sebelum juga pernah bermain untuk Juventus dan Fiorentina, sebelum mulai naik daun di Palermo.

Ia memenangi gelar Serie B dengan Juventus pada 2007, namun beberapa kali hanya nyaris menjadi juara bersama Roma, menjadi runner up di liga pada dua musim terakhir, dan juga menjadi finalis yang kalah di Piala Italia pada 2013.

Namun penampilannya untuk Palermo dari 2008 sampai 2012lah yang memikat staf pelatih timnas, dan membuat dirinya mampu mengamankan tempat, setidaknya untuk sementara, sebagai pemain reguler Italia. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015