Cianjur (ANTARA News) - Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, dipadati kendaraan pemudik yang mulai berbaur dengan kendaraan pendatang yang hendak merayakan libur panjang hari raya di kawasan tersebut, sehingga antrian kendaraan terlihat di sejumlah titik rawan macet.

Pantauan satu hari menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah, volume kendaraan yang melintas di jalur tersebut, didominasi kendaraan roda empat milik pendatang yang hendak berlibur, berbaur dengan kendaraan dengan ciri khas mudik, sehingga menyebabkan antrian panjang di sejumlah titik seperti di Jalan Raya Cipanas, Pasekon dan Pacet, mulai terlihat menjelang sore.

Bahkan sejumlah petugas di pertigaan Hanjawar, mulai mengarahkan pengendara yang melintas dengan tujuan Cianjur, Bandung dan seterusnya, untuk mengambil jalur alternatif Hanjawar-Pacet, agar tidak terjebak macet di Jalan Raya Cipanas dan Jalan Raya Pasekon, di mana terdapat banyak hotel dan penginapan.

Faktor utama terjadinya kemacetan dijalur tersebut, akibat banyaknya kendaraan yang keluar masuk hotel dan sejumlah rumah makan yang banyak terdapat di Jalan Raya Pasekon, ditambah pasar tumpah di Pasar Cipanas. Sehingga menjelang sore seiring tingginya volume kendaraan, membuat antrian yang cukup panjang dari kedua arah dengan laju kendaraan tersendat.

"Volume kendaraan hari ini mulai bercampur antara pemudik dan pendatang yang hendak berlibur di kawasan ini. Sehingga menjelang malam antrian kendaraan yang cukup panjang terlihat mengular di sejumlah titik," kata Ipda Muhaimin anggota Polres Cianjur, di Jalur Cipanas.

Dia menuturkan, untuk menghindari terjadinya macet total di jalur tersebut, pihaknya telah memasang jalur pemisah di bagian tengah jalan mulai dari Jalan Raya Cipanas hingga Pasekon, serta mengaktifkan jalur alternatif yang banyak terdapat di sepanjang jalur tersebut.

Pihaknya memperkirakan volume kendaraan pendatang, lebih mendominasi yang melintas di jalur tersebut karena volume kendaraan pemudik mulai berkurang.

"Namun malam ini, kami perkirakan peningkatan volume kendaraan pendatang akan terus meningkat hingga esok hari," katanya. 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015