Kemungkinan akan ramai kembali pada arus balik di H+2
Jakarta (ANTARA News) - Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sepi dari pemudik lebaran pada sehari sebelum Lebaran, dibandingkan sehari sebelumnya Rabu kemarin yang memberangkatkan lebih dari tiga ribu penumpang.

"Biasanya pada H-1 penumpang laut sepi karena besoknya sudah hari raya jadi jarang yang berangkat pada H-1. Kemungkinan akan ramai kembali pada arus balik di H+2," kata Agustinus, Ketua Posko Harian Angkutan Laut Lebaran 2015 pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan tabulasi data yang dihimpun di posko itu, pada hari ini Pelabuhan Tanjung Priok hanya memberangkatkan 837 penumpang, sedangkan pada H-2 memberangkatkan 3.329 penumpang.

Namun hari ini diperkirakan akan ada 1.504 penumpang yang tiba di Jakarta dari Surabaya dan Bangka Belitung dengan menggunakan KM Gunung Dempo dan KM Star Belitung.

Agustinus mengatakan puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok terjadi pada H-6 di mana 6.136 penumpang berangkat dari pelabuhan ini dengan tujuan Semarang dan Surabaya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara News di Pelabuhan Tanjung Priok pukul 12.30 sampai 14.30 WIB di ruang tunggu hanya ada petugas Perhubungan Laut, polisi, tanpa satu pun penumpang yang menunggu kedatangan kapal.

"Untuk hari ini dan besok diperkirakan sepi pemudik walaupun nanti malam ada kapal Gunung Dempo yang akan bersandar. Kemungkinan ramai kembali pada arus balik," kata Setiawan, petugas jaga Pelabuhan Tanjung Priok.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015