Merak (ANTARA News) - Pemudik H-2 atau Rabu (15/7) Pelabuhan Merak kembali normal dan tidak terlihat kepadatan penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan pantauan, Rabu malam, penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan di Pelabuhan Merak berjalan lancar.

Bahkan, penumpang yang tiba di Pelabuhan Merak dari berbagai daerah di Pulau Jawa bisa diseberangkan tanpa menunggu waktu cukup lama.

"Kami setelah tiba di Pelabuhan bisa langsung naik ke atas kapal yang bersandar di Dermaga I," kata Mulyanti, pemudik penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak.

Menurut dia, dirinya bersama anggota keluarga dari Bandung bertujuan Metro Lampung.

Namun, mudik tahun ini berjalan lancar sehingga tidak menunggu waktu lama lagi.

"Kami begitu turun dari bus bisa diseberangkan," katanya.

Begitu pula, Suryadi, seorang penumpang di atas kendaraan mengaku dirinya dan keluarga mudik ke daerah Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Saat ini, kondisi Pelabuhan Merak normal dan tidak terlihat kepadatan kendaraan.

"Kami berharap kelancaran arus kendaraan itu ke depan terus semakin baik," ujarnya.

Humas PT ASDP Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan pada H-2 Lebaran ini kembali normal karena pada H-3 atau Selasa (14/7) diseberangkan sebanyak 124.808 penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dari 124.808 pemudik itu terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 23.740 orang dan penumpang di atas kendaraan 100.808 orang.

Sedangkan, jumlah kendaraan tercatat 30.018 unit terdiri dari roda dua sebanyak 19.197 unit, roda empat 9.860 unit, bus 557, kendaran di atas roda empat 10.821 dan truk 404 unit.

"Saya yakin pemudik H-1 Lebaran kembali normal," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015