Kalianda, Lampung (ANTARA News) - Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Wilayah II Kabupaten Lampung Selatan membuka Posko Bantuan Komunikasi (BANKOM) untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Idulfitri 1436 Hijriah.

Posko bankom mudik lebaran milik RAPI Lamsel ini berada di lokasi SPBU samping Rumah Makan Siang Malam, di wilayah Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, menurut Koordinator Posko itu Heri Callsign JZ08CAH, di Kalianda, Senin, dibuka dan beroperasi atas petunjuk pengurus RAPI Provinsi Lampung.

"Memang hampir setiap tahun organisasi RAPI yang ada di seluruh wilayah Lampung selalu membuka posko bankom, untuk membantu kelancaran sekaligus mengantisipasi kemacetan arus mudik maupun arus balik lebaran, khususnya di sepanjang Jalan Lintas Sumatera wilayah Lampung Selatan," ujar Heri.

Dia menuturkan, dalam kegiatan bantuan komunikasi mudik lebaran ini, Organisasi RAPI Lamsel bekerjasama dengan PT Pertamina di Lampung.

Menurutnya, pihak Pertamina telah menyiapkan tempat beristirahat di lokasi SPBU samping RM Siang Malam, bagi para pemudik yang kelelahan dan perlu beristirahat.

"Di posko bankom ini, selain bisa beristirahat, para pemudik juga dapat memperoleh informasi tentang kemacetan maupun kondisi jalan raya yang akan dilalui, lewat anggota RAPI yang piket atau standby di posko," ujarnya pula.

Ia menjelaskan, anggota RAPI Lampung Selatan akan menyampaikan semua informasi tentang kondisi maupun situasi jalan raya serta cuaca maupun soal keamanan kepada para pemudik, khususnya bagi anggota RAPI yang berasal dari luar daerah Lampung melalui radio 2 meter band yang bekerja pada frekuensi pancar ulang Input 14.351.0 - Output 14.211.0, atau pada frekuensi 14.335.

"Kami selaku anggota RAPI berharap kegiatan sosial ini benar-benar bisa membantu dan bermanfaat bagi para pemudik, baik yang akan menuju ke wilayah Sumatera maupun ke wilayah Pulau Jawa, sehingga masyarakat bisa merasakan kenyamanan dalam perjalanan mudiknya," ujar dia lagi.

Pewarta: Budisantoso B/Kristian A
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015