Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Minggu, memberangkatkan lebih dari 2.000 pemudik dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Ketua Umum PBNU K.H. Said Aqil Siroj melepas keberangkatan pemudik yang diangkut 40 bus, didampingi Ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) NU K.H. Abdul Mannan Ghani dan perwakilan Bank Mandiri dan Pegadaian Syariah yang menyokong kegiatan mudik bareng tersebut.

Said Aqil Siroj berpesan kepada para pemudik untuk meluruskan niat mudik, yakni bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat serta tetangga di kampung halaman.

"Jangan sampai niat pamer perhiasan atau pamer batu akik di kalangan keluarga maupun tetangga," katanya di sambut tawa mereka yang hadir.

Sementara itu, Abdul Mannan selaku Ketua Panitia Mudik Bareng NU yang digelar untuk menyemarakkan Muktamar Ke-33 NU menyebutkan tujuan terdekat rombongan pemudik yang diberangkatkan NU adalah Cirebon, Jawa Barat, sedangkan terjauh adalah Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kami juga menyiapkan 33 posko mudik di sejumlah titik di perlintasan, baik di jalur Pantura maupun jalur selatan," kata dia.

Pejabat Finance and Strategy Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmodjo mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan LTM PBNU memberangkatkan pemudik sejak 2012.

"Jadi, ini tahun keempat. Alhamdulillah bus yang kita sediakan juga makin bertambah tiap tahun. Tahun lalu, kami sediakan 20 bus, tahun ini 40 bus," kata dia.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015