Penerbangan dari Bandara Halim sampai tengah melam..."
Jakarta (ANTARA News) - Peningkatan jumlah pemudik melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta sudah terjadi pada Sabtu (11/7) atau H-6 yang mencapai 5.067 penumpang yang dilayani melalui 38 penerbangan.

Menurut petugas di Posko Angkutan Lebaran Bandara Halimperdanakusuma Jakarta, Edi, jumlah ini meningkat cukup signifikan dibandingkan sehari sebelumnya, pada Jumat (10/7) atau H-7 yakni 4.438 penumpang yang dilayani melalui 45 penerbangan.

Pada Minggu ini, hingga pukul 14.15 WIB, kata dia, sudah ada 13 penerbangan yang membawa 946 penumpang.

"Penerbangan dari Bandara Halim sampai tengah melam, sehingga diperkirakan jumlah penumpangnya juga mencapai 5.000-an," katanya.

Menejer Operasi Angkasa Pura II di Bandara Halim Perdanakusuma, Ibut Astono, menjelaskan, penumpang pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, pada arus mudik lebaran tahun ini meningkat, tapi tetap dapat diantisipasi dengan baik.

Penumpang yang baru datang dan penumpang yang akan terbang, tetap dapat dilayani dengan baik.

"Bandara Halim Perdanakusuma memiliki tiga ruang tunggu di dalam yang dapat menampung calon penumpang. Jadi ada penumpang datang dan ada penumpang berangkat," katanya.

Ibut menambahkan, Bandara Halim Perdanakusuma juga membuat Posko Angkutan Lebaran Halim Perdana Kusuma, selama arus mudik dan arus balik lebaran.

Posko Angkutan Lebaran ini, kata dia, untuk monitoring dan koordinasi. "Ada hal-hal yang perlu disiapkan dan selalu dikoordinasikan," katanya.

Ibut menambahkan, peningkatan jumlah penumpang selama arus mudik, karena maskapai penerbangan City Link menambah enam penerbangan perhari, sejak H-7 hingga H+7 lebaran.

Menurut dia, arus mudik dari Bandara Halim Perdanakusuma sampai H-5 pada hari ini berjalan lancar, karena semua penerbangan dapat terbang sesuai jadwal.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015