Palembang (ANTARA News) - Jalur mudik jalan lintas timur wilayah Sumatera Selatan hingga Lampung pada musim mudik Idul Fitri 1436 Hijriah/2015 Masehi dalam kondisi cukup baik, ramai dan lancar meskipun ada beberapa titik mengalami kerusakan ringan.

Sejumlah sopir bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) di Terminal Karya Jaya Palembang, Minggu mengatakan, jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera mulai keluar dari terminal menuju Jalan Indralaya hingga Mesuji Ogan Komering Ilir Sumsel dan seterusnya menuju dermaga penyeberangan Bakauheni, Lampung dan sebaliknya sekarang ini jumlah kendaraan mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanyan namun bisa dilalui dengan lancar karena kondisinya cukup baik dan pada titik kemacetan seperti kawasan pasar mendapat penjagaan pihak kepolisian.

Rusman salah seorang sopir bus AKAP Palembang-Bandung mengatakan, kendaraan pemudik yang melalui jalan lintas timur wilayah Sumsel ini cukup ramai, namun meskipun demikian tidak terjadi gangguan yang mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang.

Lancarnya jalur mudik tersebut terbukti dengan bus AKAP yang melayani masyarakat pada musim mudik Lebaran ini bisa berangkat dan tiba di Terminal Karya Jaya sesuai jadwal yang ditentukan.

Kondisi jalur mudik yang ramai lancar tersebut diharapkan bisa tetap bertahan sampai arus balik Lebaran yang diperkirakan mulai terjadi pada 21 Juli nanti, sehingga pelayanan kepada pemudik bisa dilakukan dengan baik, kata dia.

Sementara petugas Terminal Tipe A Karya Jaya Palembang Fauzi mengatakan, secara umum pelayanan kepada mesyarakat selama musim mudik Lebaran ini berjalan lancar.

Bus AKAP yang beroperasi melayani pemudik bisa berangkat ke tujuan yang ditentukan dan datang kembali ke terminal ini dengan lancar sehingga pelayanan mudik Lebaran bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

Kondisi tersebut diharapkan tidak hanya terjadi pada arus mudik ini saja, tetapi pada arus balik mendatang sehingga jalan lintas bisa dilalui dengan lancar dan tidak terjadi hambatan yang bisa mengakibatkan kemacetan dan terlambatnya perjalanan bus

Mengenai jumlah penumpang bus AKAP yang diberangkatkan menggunakan 40 armada tersebut masih di bawah kapasitas tempat duduk yang disediakan sekitar 1.300 orang.

Jumlah pengguna jasa angkutan darat di Terminal Karya Jaya Palembang pada musim mudik Lebaran dua hari terakhir masih tergolong sepi. Melihat kondisi tersebut ia memperkirakan seperti tahun sebelumnya tidak akan terjadi lonjakan yang berarti.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015