Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menyiapkan empat solusi digital guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan komunikasi masyarakat selama perjalanan mudik Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Empat aplikasi tersebut yaitu UmeetMe, UDoctor, Cerita Perut, dan QBaca. Aplikasi ini disiapkan dalam IndiHome Store yang merupakan toko virtual atau portal konten dan aplikasi yang dipersembahkan Telkom kepada pelanggan," kata VP Consumer Marketing and Sales Telkom Jemy Confido, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Menurut Jemy, Umeetme yang bisa diakses di hyperlink "http://umeetme.id/mudik2015 ini adalah aplikasi video conference berbasis internet dengan fitur-fitur terlengkap dan mudah digunakan.

"Pada Lebaran kali ini, UmeetMe menambahkan fitur layanan informasi jalur mudik dengan menampilkan kondisi jalan raya secara live melalui CCTV online yang didukung teknologi IP Camera," ujarnya.

IP Camera ditempatkan pada 9 titik di jalur pantai utara hingga pantai selatan, yaitu Nagrek, Malangbong, Gentong, Limbangan, Cileunyi, Cikampek (Pintu tol Cikopo Cikampek), Cirebon, Brebes hingga Bakauheni.

Untuk menjamin kualitas video, maka tiap titik IP Camera yang terhubung menggunakan layanan IndiHome Fiber, yaitu layanan terpadu telepon rumah, TV interaktif dan akses internet (triple play) dengan kecepatan sampai dengan 100 Mbps, sehingga kualitas gambar IP Camera akan lebih baik.

Jemy melanjutkan, aplikasi digital berikutnya adalah UDoctor, solusi yang memungkinkan pemudik dapat melakukan konsultasi online masalah kesehatannya dengan para dokter terbaik melalui media livechat maupun videocall secara gratis.

"Kesehatan merupakan faktor penting dalam melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman. Selain layanan konsultasi online, UDoctor juga menyediakan beragam artikel informatif seputar kesehatan yang bermanfaat mewujudkan hidup sehat," ujarnya.

Layanan berikutnya adalah aplikasi "Cerita Perut" yang menyajikan informasi seputar rekomendasi tempat kuliner yang tersebar di 70 kota sepanjang jalur mudik seperti Indramayu, Brebes, Pekalongan, Ngawi, Madiun dan berbagai kota lain, termasuk informasi mengenai oleh-oleh kuliner khas dari berbagai wilayah.

Sedangkan QBaca menyediakan bermacam-macam konten buku digital yang dapat menghilangkan rasa bosan atau penat saat istirahat di tengah perjalanan mudik.

Semua aplikasi tersebut dapat diaksesvia web browser maupun smartphone hanya dengan mengunjungi http://store.indihome.co.id/ pada direktori Ramadhan.

"Aplikasi IndiHome Store juga sudah tersedia di Google Play Store untuk pengguna perangkat berbasis Android," kata Jemy.

(R017/T007)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015