Perbaikan perlintasan ini harus selesai semua pada tanggal 1 Juli guna mengantisipasi kemungkinan masa angkutan Lebaran dimajukan
Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, kebut perbaikan perlintasan KA sebidang menjelang masa angkutan Lebaran 2015.

"Perbaikan perlintasan ini harus selesai semua pada tanggal 1 Juli guna mengantisipasi kemungkinan masa angkutan Lebaran dimajukan," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jumat.

Ia mengaku mendapat informasi jika masa angkutan Lebaran untuk kereta api dimulai pada tanggal 2 Juli 2015 atau dimajukan dari biasanya yang dilaksanakan mulai H-10 Lebaran.

Oleh karena itu, kata dia, seluruh perbaikan perlintasan KA sebidang harus selesai pada tanggal 1 Juli 2015 untuk mengantisipasi jumlah kereta api yang melintas pada masa angkutan Lebaran.

"Kami memang belum mendapat informasi pasti mengenai awal masa angkutan Lebaran yang dimajukan itu. Namun kami berupaya mengantisipasinya dengan segera menyelesaikan berbagai perbaikan jalur rel," tegasnya.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa perbaikan perlintasan sebidang di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dilakukan terhadap 58 titik yang tersebar di Kabupaten Tegal sebanyak 12 titik dan Brebes sebanyak dua titik.

Selain itu, kata dia, di Kabupaten Banyumas sebanyak 14 titik, Cilacap 13 titik, Kebumen 11 lokasi, dan Purworejo enam lokasi.

"Perbaikan perlintasan di Banyumas salah satunya berlokasi di Kalirajut yang berada di ruas jalan utama Purwokerto-Cilacap/Bandung. Pada hari Senin (29/6) akan dilakukan perbaikan di perlintasan Jalan Jenderal Soedirman atau sebelah selatan Stasiun Purwokerto," katanya.

Menurut dia, perbaikan perlintasan sebidang itu di antaranya berupa geometri rel dan lapisan aspalnya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015