Singapura (ANTARA News) - Guam menaklukkan India untuk memuncaki klasemen grup mereka pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dimainkan pada Selasa, sedangkan Jepang memulai perjalanan kualifikasi mereka dengan tidak meyakinkan setelah ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya Singapura.

Juara Piala Asia Australia mengatasi perlawanan Kyrgistan dan meraih kemenangan 2-1, lapor AFP.

Sementara itu Korea Selatan, Tiongkok, dan Uni Emirat Arab tidak memiliki masalah serupa dan memenangi pertandingan-pertandingan pembukaan mereka, saat mereka berupaya lolos untuk turnamen 2018 di Rusia.

Negara pulau kecil di Samudra Pasifik Guam memperoleh hasil yang paling mencuri perhatian pada Selasa, di mana The Matao menang 2-1 atas lawannya yang saat ini unggul 33 posisi di atas mereka pada daftar peringkat dunia FIFA.

Berupaya meneruskan momentum bagus mereka setelah menang 1-0 atas Turkmenistan pada Kamis, Guam membuka keunggulan di GFA National Training Center pada menit ke-38, ketika Brandon McDonald menanduk lemparan ke dalam panjang kiriman Ryan Guy.

Travis Niclav memperbesar keunggulan timnya pada menit ke-62 saat ia menerima operan panjang dari saudara kandungnya, Shawn, dan mencetak gol sambil memutar badan.

Sunil Chhetri mencetak gol hiburan untuk India melalui sepakan terakhir di pertandingan ini, namun hal itu tidak menodai hasil cemerlang bagi Guam ini, yang kini naik ke puncak klasemen Grup D dengan raihan enam angka dari dua pertandingan.

Australia akan menilai diri mereka beruntung sebab tidak menderita nasib yang serupa dengan India. Mile Jedinak membawa The Socceroos unggul terlebih dahulu pada menit kedua pertandingan ketika tendangan bebasnya dari jarak 24 meter tidak dapat dihentikan kiper Kyrgistan Valery Kashuba.

Namun mereka kemudian justru berada di bawah tekanan, tuan rumah keluar menyerang dan menimbulkan berbagai masalah untuk pertahanan Australia.

Babak kedua berlangsung dengan pola serupa di mana Kyrgistan sangat tidak beruntung untuk gagal mencetak gol ketika upaya timnya tiga kali mengenai jaring sisi samping. Namun kemudian pada menit ke-67 Tommy Oar, yang masuk sebagai pemain pengganti sembilan menit sebelumnya, mencetak gol kedua untuk Australia.

Kyrgistan berusaha untuk meningkatkan tempo serangan namun mereka hanya mendapatkan gol hiburan melalui Azamat Baimatov pada fase akhir pertandingan.

Hal itu membuat tim Asia tengah tersebut menyesalkan gagalnya sejumlah peluang yang dapat menimbulkan kejutan besar.

Sementara itu, Jepang mendominasi pertandingan pembukaan mereka di Grup E pada putaran kedua kualifikasi Asia melawan Singapura, namun mereka tidak mampu memaksimalkan penguasaan bola mereka melawan The Lions pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Saitama 2002.

Samurai Biru berupaya lolos untuk Piala Dunia keenam mereka secara beruntun, namun kiper Singapura Izwan Mahbud melakukan serangkaian penyelamatan bagus untuk menghadang upaya tuan rumah, termasuk dua penyelamatan menawan untuk menghentikan tandukan Shinji Okazaki dan Keisuke Honda pada babak kedua.

Honda nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-73 melalui tendangan bebasnya yang membentur mistar gawang.

Hasil imbang ini membuat Singapura memuncaki klasemen Grup E dengan empat angka, menyusul kemenangan 4-0 mereka atas Kamboja pada Kamis.

Afghanistan seimbang dengan tim peringkat kedua Suriah, di mana kedua negara itu mengumpulkan tiga angka.

Korea Selatan (Korsel), yang mengincar penampilan beruntun kesembilan kalinya di Piala Dunia, memulai dengan baik di Grup G melalui gol-gol di kedua babak yang dibukukan Lee Jae Sung dan pemain Bayer Leverkusen Son Heung Min, yang membuat mereka menang 2-0 atas Myanmar.

Tiongkok juga membuat start bagus di Grup C di mana penyerang Yang Xu mengemas trigol saat timnya menang 6-0 atas Bhutan di Thimpu, namun semifinalis Piala Asia UEA harus bekerja keras untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas Timor Leste di Grup A, ketika Omar Abdulrahman mencetak gol semata wayang ketika pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit.

Hong Kong membuka jalannya di Grup C setelah menang 2-0 atas Maladewa, Thailang memuncaki Grup F setelah menang 2-0 atas Taiwan dan Korea Utara menguasai Grup H menyusul kemenangan 4-2 mereka atas Uzbekistan di Pyongyang.

Pada pertandingan terakhir yang dimainkan Selasa, yang dihelat di Doha, Filipina menang 2-0 atas Yaman melalui gol-gol dari Misagh Bahadoran pada menit ke-52 dan Iain Ramsey pada menit ke-73.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015