Banjarmasin, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Komando Distrik Militer 1022/TNB Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberikan pengetahuan dini tentang kemiliteran terhadap anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak di kota setempat.

"Kami berikan pengetahuan militer itu pada saat salah satu rombongan TK dari TK Aba Sepakat Kecamatan Mentewe Tanah Bumbu datang ke Kodim," ucap Komandan Kodim 1022/TNB ,Letnan Kolonel Infantri Mustakim, di Batulicin, Sabtu.

Ia mengatakan, tujuan dari rombongan anak-anak TK yang dipimpin ketua rombongan Sripah itu untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada instansi yang bertugas menjaga kedaulatan negara.

Selain itu mereka semua juga ingin melihat dan mengenal TNI lebih dekat karena TNI ini milik rakyat dan sudah sepantasnya TNI berjuang bersama rakyat.

Bukan itu saja, rombongan anak-anak TK itu juga diberikan wawasan untuk mengenal tentang pendidikan dini dan tupoksi TNI terhadap Negara dan masyarakat.

"Sebelum kegiatan berlangsung, TK Aba Sepakat juga memperkenalkan dan mempertunjukan tarian tarian trdisional yang dibawakan oleh anak-anak TK itu," katanya kepada Wartawan Antara.

Guna diketahui Komando Distrik Militer 1022 Tanah Bumbu, juga terapresiasi untuk berbagi ilmu tentang militer terhadap para pelajar dan mahasiswa yang ada di kabupaten setempat.

"Selain menjalankan visi dan misi tugas pokok dan fungsi TNI, kami juga proaktif tehadap dunia pendidikan dengan memberikan pengetahuan ilmu TNI kepada pelajar, mahasiswa yang ada di Tanah Bumbu," tutur pria berbadan tegap itu.

 Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang memerlukan disiplin dan fokus terhadap pelajar dan mahasiswa juga menjadi bagian dari itu.

Tidak hanya itu TNI juga memperkenalkan dan memperagakan kepada para siswa, bagaimana cara memakai dan menggunakan senjata perang yang ada di Kodim.

Mustakim juga mengatakan, tujuan dari kegiatan itu untuk memberi pendidikan dini tentang ilmu TNI kepada generasi penerus bangsa.

"Kegiatan ini terus kami lakukan dan tingkatkan agar nantinya masyarakat, pelajar, mahasiswa, khususnya yang ada di Tanah Bumbu bisa proaktif untuk menjaga ketahanan keamanan dan keharmonisan dalam hidup bersosial."

Perlu diketahui, kodim tanah bumbu juga membuka secara terbuka untuk umum mana kala ada organisasi lain yang mau dan ingin berkunjung ke Markas Kodim 1022/TNB.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015