Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menilai pariwisata perdesaan cukup penting untuk dikembangkan sebagaimana sudah dilakukan beberapa negara lain seperti India, Uganda dan Ceko.

"Pariwisata perdesaaan akan memiliki efek positif terhadap perubahan kelembagaan, sosial dan individu masyarakat desa," kata Marwan Jafar melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Marwan, ada tiga alasan penting dalam pengembangan pariwisata perdesaan. Pertama, pariwisata perdesaan akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya setempat yang dikelola dalam bentuk usaha pariwisata.

Kedua, pariwisata perdesaan akan mencakup berbagai jenis dan bentuk usaha dari skala kecil sampai besar dan informal hingga formal.

"Pariwisata perdesaan akan melibatkan usaha-usaha yang dikelola masyarakat setempat mulai dari akomodasi, atraksi hingga fasilitas transportasi," tuturnya.

Selain itu, Marwan menilai pariwisata perdesaan juga bisa menjadi salah satu media yang mampu mengalihkan dan mendistribusikan peluang ekonomi dari perkotaan ke perdesaan.

"Transfer peluang dan sumber daya ekonomi ini penting karena selama ini desa masih terperangkap oleh keterbatasan infrastruktur dan akses terhadap jasa-jasa penting," pungkasnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015