Surabaya (ANTARA News) - Tim khusus dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menelusuri kasus pelanggaran HAM dalam dugaan isu santet di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terjadi sekitar 1998-1999 sebagai bahan kajian dan penyelidikan.

"Kami kaji lebih dalam setelah menerima keluhan dan laporan dari banyak pihak, terutama korban dan keluarga korban," ujar Komisioner Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron saat bertemu Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi di Kantor Pemprov Jatim Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa.

Untuk saat ini, Nurkhoiron mengatakan tim akan fokus ke daerah Banyuwangi dan Jember mengumpulkan data baru, namun ke depan juga akan menelusuri daerah lain yang diduga juga menjadi lokasi terkait isu santet.

Sesuai target, kajian diharapkan selesai paling lambat Mei 2015 sehingga tim akan berupaya secepat dan seakurat mungkin memperoleh data maupun mengumpulkan fakta di lapangan sebagai bahan kajian.

"Sekarang telah memasuki sejumlah tahapan dan diharapkan sebelum Mei selesai kajiannya," tukas komisioner bidang pendidikan dan penyuluhan itu.

Berdasarkan data yang diperolehnya dari Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, khusus di kabupaten setempat pada peristiwa isu santet lalu, korbannya mencapai 148 orang.

"Tapi kami masih menyelidikinya lebih jauh dan mengembangkannya. Yang ada sekarang masih data sekunder berdasarkan data di PCNU setempat," kata alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu.

Selain menemui Pemprov Jatim, tim juga akan mencari informasi ke pihak-pihak lainnya, seperti Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, PWNU Jatim dan beberapa PCNU terkait.

Tim khusus tersebut dibentuk pada paripurna Oktober 2014 dan melibatkan tiga komisioner yakni Nurkhoiron selaku koordinator, Nur Kholis dan Manager Nasution selaku anggota tim serta dibantu dua staf.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015