Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers mengisyaratkan timnya akan berlaku pasif dalam jendela transfer musim dingin yang akan dibuka 1 Januari 2015 nanti.

"Apabila ada sekalipun, tidak akan banyak aktivitas transfer dari kami selama Januari. Tugas saya melatih dan mengelola pemain yang ada di sini, bekerja keras memaksimalkan bakat yang mereka miliki. Itu yang akan saya lakukan," kata Rodgers sebagaimana dikutip dari situs resmi klub (www.liverpoolfc.com).

Rodgers bahkan menyontohkan aktivitas transfer musim dingin Liverpool tahun lalu, yang juga pasif, dan menilai Januari sebagai waktu yang kurang tepat untuk berbelanja.

Pun demikian, Rodgers berusaha mengelak bahwa pasifnya Liverpool pada jendela transfer Januari nanti adalah keinginan dari para pemilik klub.

Ia bahkan mengatakan pemilik klub akan mendukung sepenuhnya, apabila pihaknya perlu mendapatkan pemain baru yang bisa digaet.

"Apabila ada yang bisa kami dapatkan, kebijaksanaan pemilik klub akan selalu mendukung apa yang kami butuhkan. Apabila ada sesuatu yang harus kami lakukan untuk meningkatkan performa tim dalam jangka pendek maupun panjang, kami pasti akan melakukannya.

"Namun saya cukup puas dengan dengan bagaimana tim ini berkembang. Ini adalah musim yang diawali dengan berat, namun saya melihat permainan terbaik kami mulai terbentuk, kepercayaan diri dan kerja keras mulai terlihat di tim ini," katanya.

Liverpool sebetulnya memiliki catatan positif dalam aktivitas transfer musim dingin mereka, termasuk saat mendapatkan Daniel Sturridge dan Philippe Coutinho pada Januari 2013 lalu.

Akan tetapi Rodgers menegaskan bahwa Liverpool akan pasif pada aktivitas transfer Januari, mengingat pada musim panas lalu mereka juga melakukan belanja besar-besaran menyusul kepergian bintang mereka, Luis Suarez, ke Barcelona.

"Jadi tidak akan ada banyak aktivitas transfer dari kami pada Januari. Kami memboyong banyak pemain musim panas lalu dan mereka baru saja mulai bisa beradaptasi dengan lingkungannya di sini dan cara bermain kami," katanya.

Terlebih lagi, Rodgers meyakini timnya memiliki segudang talenta muda yang beberapa di antaranya tengah dipinjamkan untuk menimba ilmu dan pengalaman bertanding di tim lain.

"Kecuali langkah transfer itu sesuatu yang akan langsung membuat kami menjadi lebih baik secara signifikan, saya tidak ingin menumpuk pemain di sini. Kami punya beberapa bakat mengagumkan yang tengah dipinjamkan.

"Kami mengirim Jordon Ibe mencari pengalaman dan ia menjalani musim yang mengagumkan bersama Derby. Kami juga punya pemain muda lain yang menjalani peminjaman dengan baik seperti Andre Wisdom.

"Fokus saya adalah selalu mencari apa yang bisa didapatkan dari dalam, maksudnya bakat muda dan pemain lainnya. Apabil ada sesuatu yang bisa meningkatkan penampilan kami dan tersedia, saya akan mengajukan hal itu ke pemilik dan kami akan mengkajinya bersama-sama," katanya.

Liverpool menyambut tahun 2015 dengan menempati posisi delapan klasemen sementara Liga Utama  Inggris menyusul kemenangan susah payah 1-0 atas Burnley dan keberhasilan menyapu Swansea 4-1 dalam rangkaian jadwal padat Boxing Day hingga Tahun Baru.

Mereka akan menghadapi Leicester pada 1 Januari 2015 dan melanjutkan dengan rangkaian yang padat sepanjang Januari termasuk dua pertemuan semifinal Piala Liga melawan Chelsea, laga Piala FA melawan AFC Wimbledon dan lanjutan Liga Europa menghadapi Besiktas.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014