Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla menilai, kinerja indeks harga saham gabungan Bursa Efek Indonesia (IHSG BEI) yang positif sepanjang 2014 menandakan perekonomian Indonesia baik.

"Pertama, saya ingin menyampaikan sekali lagi penghargaan dan terima kasih bahwa hari ini kita menutup perdagangan IHSG kali ini dengan situasi yang lebih baik dengan pertumbuhan kedua terbaik di Asia Tenggara," ujarnya.

Saat prosesi penutupan IHSG BEI akhir tahun 2014 di Jakarta, Selasa. Wapres menimpali, "Itu berarti harapan tentang ekonomi kita tentu sudah sangat baik."

Dengan kata lain, menurut Wapres, kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan pemerintah mendapat respon positif di tengah cukup banyaknya masalah yang terjadi. APBN akan terus diperbaiki sehingga kepercayaan investor akan lebih baik lagi.

"Saya tahu, indeks saham tergantung kepada harapan, karena itulah saya menyampaikan hal-hal, berita-berita yang baik," kata Wapres.

Ia mengibaratkan kinerja pasar modal seperti halnya operasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang sudah ditemukan.

Ditemukannya pesawat AirAsia QZ8501, dinilai Wapres Kalla, merupakan salah satu berita baik, meski di satu sisi diselimuti kesedihan, yang di sisi lain menimbulkan kepercayaan.

"Sama dengan pasar modal. Walaupun ada sesuatu dalam ekonomi, tetapi saat ada kepercayaan, maka penghargaan itu berdampak ke pasar modal yang akan lebih baik, karena kita bekerja berdasar kepercayaan," ujar Wapres.

Ke masa depan, Wapres mengatakan, dengan kepercayaan dan bekerja lebih baik, maka pertumbuhan ekonomi senilai tujuh persen bukanlah hal yang mustahil.

"Pada tahun-tahun terakhir ini ada masalah, seperti defisit APBN, neraca perdagangan dan curent account-nya. Namun, kita masih tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen. Pertumbuhan itu salah satu yang tertinggi di Asia. Kalau kita berbuat lebih baik, mencapai tujuh persen bukanlah hal mustahil bisa dicapai," demikian Wapres Kalla.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014