Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Jajaran petugas Puskesmas IV Koto Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan masyarakat agar menjaga pola hidup sehat untuk menghindari maraknya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) saat ini.

"Rata-rata ada sekitar 70 sampai 100 orang pasien mengidap ISPA berobat ke Puskesmas IV Koto Kinali,"kata Kepala Puskesmas IV Koto Kinali, Yuni di Simpang Ampek, Senin.

Ia mengatakan penyakit ISPA dipicu daya tahan tubuh yang lemah, akibat cuaca yang tidak menentu.

"ISPA di Puskesmas ini didominasi oleh anak-anak, kalau dewasa penyakit ISPA disertai dengan penyakit lain seperti diabetes mellitus (DM). Selain ISPA juga ada penyakit kulit, diare, hipertensi , rheumatik dan lainnya,"jelasnya.

Ia menjelaskan penyakit ISPA merupakan penyakit dengan gejala batuk dan pilek yang disebabkan beberapa faktor diantaranya cuaca yang tidak menentu.

Cara pencegahan terhadap penyakit infeksi saluran pernafasan adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan melalui pola hidup sehat.

"Banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah segar terutama yang banyak mengandung vitamin,"ujarnya.

Selain itu, cukup istirahat, hindari stres, dan melakukan olahraga secara teratur walau hanya olahraga kecil serta cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun untuk mencegah kuman.

Sementara itu Kepala Jorong (Lurah) IV Koto Syafrel mengatakan pihaknya juga telah melakukan upaya untuk pencegahan berbagai penyakit di jorongnya dengan pola informasi berantai, baik melalui kepala dusun atau saat membagikan raskin maupun di tempat-tempat acara yang sempat ia dihadiri.

Ia mengimbau kepada masyarakat IV Koto yang terkena penyakit ISPA secepatnya dibawa ke Puskesmas IV Koto supaya dapat diobati dan jangan biarkan penyakit itu bertambah parah.

"Terpenting sekali tentu pencegahan. Lakukan pola hidup sehat dan makanlah makanan yang bergizi,"katanya.

Pewarta: Atlas Maulana
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014