... Aegis BMD merupakan komponen kunci dalam rencana pemerintahan Obama untuk penyebaran bertahap payung pertahanan rudal di Eropa... "
Washington (ANTARA News) - Satu pangkalan militer baru Amerika Serikat di Deveselu, Rumania, selesai pembangunannya dan beroperasi tahun depan sebagai bagian dari keseluruhan sistem Pertahanan Rudal Balistik (BMD) NATO, kata Departemen Angkatan Laut Amerika Serikat, dalam satu pernyataan.

"NSF Deveselu akan menggunakan dua pijakan baterai pencegat rudal SM-3 dan pijakan radar Aegis SPY-1," kata pernyataan itu.

"Sistem Aegis BMD merupakan komponen kunci dalam rencana pemerintahan Obama untuk penyebaran bertahap payung pertahanan rudal di Eropa, yang dimaksudkan untuk melindungi pasukan AS dan sekutu NATO dari ancaman regional," kata departemen.

Awalnya diusulkan Presiden George W Bush pada 2000. Sistem BDM ini, atau perisai, bernama Aegis Ashore System, adalah jawaban aliansi militer NATO untuk menjawab ancaman penggabungan rudal balistik antarbenua di Timur Tengah.

Pemerintah Amerika Serikat mengklaim rudal SM-3 akan memiliki kemampuan ofensif.

Pembentukan dan asumsi upacara komando berlangsung di Deveselu pada 10 Oktober dan dipandu Komandan Angkatan Laut Wilayah Eropa, Afrika, Asia Barat Daya Amerika Serikat, Laksamana John Scorby.

"Support Facility Naval Deveselu akan menjadi komponen penting dalam memperluas efektivitas sistem pertahanan rudal balistik keseluruhan NATO," kata Scorby.

"Hal ini juga akan membahas ancaman rudal balistik jarak pendek dan menengah Amerika Serikat, personel Eropa dan Sekutu serta aset di seluruh wilayah."

Sistem pertahanan rudal balistik nerpangkalan darat di Rumania akan hampir identik dengan yang digunakan di kapal perusak Angkatan Laut berkemampuan Aegis dan dipandu rudal dan kapal penjelajah, menurut pernyataan itu.

Sistem itu dirancang untuk mendeteksi, melacak, terlibat dan menghancurkan rudal balistik dalam ketinggian dan kecepatan jelajahnya.

Untuk selanjutnya lingkup dan jangkauan perlindungan wilayah pertahanan, pangkalan Angkatan Laut hampir identik dengan NSF Deveselu yang akan dibentuk di Polandia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014