Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono berkurban satu sapi lokal dengan berat 1.075 kilogram pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah, kata Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Mubarak di Jakarta, Sabtu.

"Presiden dan Ibu Negara berkurban seekor sapi lokal, dari kawasan Tuban, Jawa Timur, berusia sembilan tahun dengan berat 1.075 kilogram. Demikian juga Wapres dan Ibu juga berkurban seekor sapi, dengan jenis yang sama, berusia delapan tahun dengan berat 1.000 kilogram," kata Mubarak.

Dia menambahkan kedua hewan kurban dari Presiden dan Wapres tersebut telah diperiksa kesehatan dan kelayakannya dan sudah berada di Masjid Istiqlal sejak Jumat (3/10).

Rencananya usai Shalat Idul Adha, Minggu (5/10), Presiden Yudhoyono secara simbolis akan menyerahkan sapi tersebut kepada pihak perwakilan Kementerian Agama untuk diberikan ke Masjid Istiqlal.

Sementara itu, Mubarak menjelaskan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal dijadwalkan berlangsung Minggu sore setelah Bada Maghrib untuk kemudian didistribusikan ke sejumlah masjid, mushala dan panti asuhan di kawasan Jakarta Pusat.

"Jadi nanti setelah disembelih, petugas kami dari Masjid Istiqlal akan mengantarkan ke sub-rayon yang ada di Jakarta Pusat. Seluruh komunitas yaitu masjid, musala dan panti asuhan tersebut sudah terhimpun datanya di kami dan sudah kami verifikasi," jelasnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014