Jakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang pada puncak arus balik, Sabtu (2/8), di Terminal Pulogadung diperkirakan turun dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Kepala Terminal Pulogadung M Arafat di Jakarta Sabtu mengatakan, jumlah penumpang yang akan tiba di Terminal Pulogadung pada H+5 Lebaran sekitar 8.500 orang atau turun dibandingkan pada puncak arus balik Idul Fitri tahun lalu yang mencapai 9.367 orang.

"Turunnya jumlah penumpang yang tiba pada tahun ini karena masyarakat beralih menggunakan jasa angkutan kereta api untuk balik ke Jakarta," katanya.

Selain itu, ada juga pengguna transportasi antarkota antar provinsi tidak turun di terminal, melainkan di jalan yang dekat dengan tempat pengguna jasa.

Menurut Arafat, jumlah penumpang yang telah tiba di Terminal Pulogadung mencapai hingga H+4 Lebaran 12.956 orang.

Kendati jumlah arus balik yang akan tiba di Pulogadung turun dibanding tahun sebelumnya, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dalam memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada penumpang.

"Kami terus meningkatkan koordinasi dengan semua pihak dalam memaksimalkan berbagai pelayanan untuk menyambut lonjakan penumpang pada arus balik yang akan berlangsung pada H+5," katanya.

Beberapa persiapan yang telah dilakukan petugas terminal untuk menghadapi lonjakan penumpang adalah penambahan personel sebanyak dua hingga tiga orang per satu kali shift, sehingga jumlahnya antara 40 hingga 50 orang.

Arafat menambahkan, persiapan yang dilakukan pada arus balik, sama juga dengan saat puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2014.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014