Supaya nanti para peserta didik, siswa-siswi dari SMK maupun para mahasiswa dari Politeknik dapat memiliki forum untuk mereka berdiskusi antar-sesama
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan Dasar Menengah (Kemendikdasmen) menekankan perlunya forum-forum dialog bersama dengan Polish Investment & Trade Agency (PAIH) yang diinisiasi oleh Gamecomm Indonesia terkait industri gim harus dilaksanakan sesering mungkin.
Hal itu disampaikan Peneliti yang juga Ketua Tim Kerja Penyelarasan Pendidikan Vokasi Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri Kementerian Pendidikan Dasar Menengah (Kemendikdasmen) Sulistyo Mukti Cahyono di Jakarta, Rabu.
Menurut dia, kegiatan tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk industri gim yang ada di Indonesia. Polandia sendiri, merupakan salah satu negara dengan game developer terkuat di dunia, dan telah memproduksi gim AAA seperti Cyberpunk 2077 dan The Witcher Series dari CD Projekt Red.
“Ini menjadi hal yang sangat penting, supaya nanti para peserta didik, siswa-siswi dari SMK maupun para mahasiswa dari Politeknik dapat memiliki forum untuk mereka berdiskusi antar-sesama. Sehingga, akan mampu meningkatkan kualitas karya yang telah disusun,” kata Sulistyo Mukti Cahyono.
Dengan hadirnya dialog yang menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya, dalam hal ini terkait industri gim. Siswa-siswi Indonesia, diharapkan dapat menimba ilmu dan juga cara untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi di industri gim yang ada.
Pemerintah melalui Peraturan Presiden No. 19 tahun 2024, telah menegaskan bahwa Indonesia harus cepat dan tanggap dalam industri gim yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia saat ini.
Dengan adanya Perpres tersebut, dialog yang dilakukan oleh dua negara itu yakni Indonesia dan juga Polandia dapat memberikan pencerahan dan juga percepatan industri gim yang ada di Indonesia melalui bakat muda tanah air.
Meski begitu, tidak hanya murid dan juga mahasiswa yang perlu meningkatkan kapasitasnya di bidang teknologi dan digital. Para guru dan juga dosen juga diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam ruang lingkup dialog semacam itu.
“Kami juga sangat berharap bapak dan ibu guru, dosen-dosen dari Satuan Pendidikan Vokasi untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan semacam ini untuk meningkatkan portfolio, meningkatkan kualitas dari karya yang dihasilkan,” ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama CEO dan Co-Founder dari Gamecomm Indonesia, Sere Kalina menambahkan bahwa kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa kepada industri gim lokal untuk dapat menyerap berbagai pengetahuan dari prodsuen gim Polandia.
Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat menjalin hubungan bilateral yang positif untuk kedua negara. Dengan begitu, potensi-potensi berbakat milik Indonesia bisa mengais ilmu langsung di Polandia.
"Acara ini diharapkan hubungan bilateral dari kedua negara kerja sama industri pun juga semakin erat. Dengan harapan nanti mungkin ke depannya bisa ada program seperti pertukaran pelajar atau mungkin memperbanyak lagi talenta-talenta berbakat dan berkualitas dari Indonesia untuk kerja di industri game Polandia," ucap Sere.
"Atau mungkin ada kerja sama industri membuat game bersama misalnya -1:23- antara studio Indonesia dan studio Polandia," tambah Sere.
Sebagaimana diketahui bersama, Polandia juga dikenal melalui gim AA berkualitas seperti This War of Mine dan Frostpunk yang dikembangkan oleh 11 bit studios, yang menawarkan pengalaman bermain dengan cerita mendalam dan pilihan moral yang kompleks.
Industri gim di Polandia juga berkembang pesat dengan lebih dari 490 studio dan kontribusi besar terhadap ekonomi, melalui ekspor gim yang mencapai 96 persen dari total produksi.
Pewarta: Chairul Rohman
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024