adanya dukungan pembiayaan dari BUMN ini pelaku UMKM dapat terhindar dari jebakan pinjaman online yang ilegal
Makassar (ANTARA) -
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan kembali menggelar Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur usai sukses menggelar acara serupa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan 24-27 Oktober 2024.
 
Direktur Utama Debindo Vibiadhi Swasti Pradana selaku pelaksana kegiatan di Makassar, Senin menyebut sepanjang tahun 2024, Kementerian BUMN yang didukung oleh BUMN, telah merencanakan 12 kali kegiatan Bazar UMKM di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Labuan Bajo.
 
"Sebagai rangkaian penutup, pada November 2024 nanti, Bazar UMKM untuk Indonesia akan diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta," ungkapnya.
 
Selain itu, Kementerian BUMN juga secara aktif mendukung perluasan akses pasar produk-produk UMKM, baik secara online maupun melalui platform PaDi UMKM maupun secara offline, yang salah satunya dengan penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia.
 
"Kemudahan akses pasar mendorong intensitas langsung UMKM dan masyarakat dalam mendorong ekonomi. Caranya, dengan Bazar UMKM yang digelar," kata dia.

Baca juga: Kementerian BUMN: Belanja produk UMKM mencapai Rp47 triliun
Baca juga: Kemenkeu memfasilitasi promosi produk puluhan UMKM Jambi
 
Ia menjelaskan, Bazar UMKM ini merupakan wujud gerakan UMKM naik kelas dan upaya mendorong masyarakat bangga buatan Indonesia. Seperti pada Bazar UMKM bertajuk Berkriyasi di Makassar, Sulawesi Selatan banyak menampilkan produk lokal yang merupakan buatan para pelaku UMKM.
 
Sebelumnya, Loto Srinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN menyampaikan bahwa Kementerian BUMN secara konsisten mendukung pengembangan UMKM.
 
Loto menjelaskan bahwa ada tiga bentuk dukungan yang secara konsisten diberikan oleh Kementerian BUMN dalam pengembangan UMKM, di antaranya dukungan pembinaan dan pendampingan UMKM, yang diberikan melalui Program TJSL BUMN dan Rumah BUMN.
 
Kemudian dukungan pembiayaan yang diberikan melalui pembiayaan TJSL, KUR, dan produk pembiayaan yang disalurkan oleh bank maupun lembaga pembiayaan milik BUMN.
 
“Kita berharap dengan adanya dukungan pembiayaan dari BUMN ini pelaku UMKM dapat terhindar dari jebakan pinjaman online yang ilegal,” ujar Loto Srinaita Ginting.
 
Untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan transaksi, seluruh transaksi yang terjadi dalam Bazar UMKM untuk Indonesia dilakukan melalui Platform PaDi UMKM yang dibangun oleh Kementerian BUMN bersama BUMN sejak tahun 2020.
 
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024