Jakarta (ANTARA) -
Merencanakan liburan ke Bali selama lima hari bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang, terutama dalam mempersiapkan anggaran.
 
Pulau Dewata ini terkenal akan budaya yang kental hingga panorama alam yang memukau, namun mengatur biaya agar sesuai dengan anggaran yang dimiliki tetap menjadi pertimbangan utama bagi banyak wisatawan.
 
Setiap liburan, hal yang paling dikhawatirkan adalah perihal biaya. Dengan biaya tiket pesawat, penginapan, transportasi, makanan, hingga destinasi wisata, menentukan rincian anggaran sejak awal sangat penting.
 
Rincian ini dapat membantu Anda agar liburan berjalan lancar dan meminimalkan pengeluaran yang tak terduga.
 
Dari liburan hemat di penginapan sederhana hingga opsi kenyamanan di hotel berbintang, inilah perkiraan biaya yang dapat disesuaikan dengan gaya liburan Anda.
 
1. Tranportasi

Transportasi keberangkatan dan kepulangan menjadi hal utama yang perlu dipersiapkan untuk berlibur ke Bali. Transportasi yang kerap menjadi pilihan sebagian orang menuju ke Bali adalah pesawat.
 
Perjalanan dilakukan selama 3 jam lebih dari Jakarta-Bali dan sebaliknya, harga tiket pesawat ekonomi mulai dari Rp700.000 hingga Rp1 juta untuk sekali perjalanan. Harga tersebut dapat bervariasi tergantung waktu penerbangan, jenis maskapai, dan promo yang berlaku dari aplikasi pesan tiket.
 
Tidak hanya melalui jalur udara, berlibur ke Bali bisa menggunakan transportasi darat, seperti bus dan kapal laut.
 
Bagi yang ingin naik bus menuju Bali, tersedia berbagai travel yang menawarkan harga terjangkau sesuai titik lokasi keberangkatan dan tiba. Jika Anda berangkat dari Jakarta di pool Kramat Djati dan tiba di Bali, Pelabuhan Gilimanuk, harga tiket sekitar Rp590 ribu saja.
 
Sementara, harga tiket kapal laut juga bisa berbeda-beda sesuai jenis kapal dan fasilitas kabin yang Anda inginkan. Harga standar mulai dari kisaran Rp200 ribu sampai Rp1 juta
 
2. Akomodasi

Akomodasi yang dibutuhkan selama berada di Bali antara lain tempat penginapan dan kendaraan.
 
Saat berlibur, pilihlah lokasi tempat penginapan yang strategis dengan harga yang tetap terjangkau. Rekomendasi tempat penginapan yang kerap menjadi pilihan favorit para wisatawan Bali yakni sebagai berikut.
 
  • Hard Rock Hotel Bali, hotel yang berada di Kuta dengan desain interior yang Instagrammable bertema musik rock. Lokasi hotel pun sangat dekat untuk mengunjungi pusat perbelanjaan, seperti Beachwalk Shopping Center dan bisa menikmati pemandangan Pantai Kuta yang indah.
  • Ubud Wana Resort, berlokasi di Nyuh Kuning Desa Mas, Ubud, resor ini menawarkan suasana tenang dan nyaman, jauh dari hiruk-pikuk kota, dengan pemandangan taman tropis yang hijau.
  • Cove Tevana, berada di Jl. Pura Telaga Waja merupakan salah satu hotel strategis untuk mengunjungi berbagai destinasi lainnya seperti Pantai Petitenget. Hotel ini bernuansa villa bali yang sangat mewah seperti layaknya rumah sendiri.
Dengan fasilitas yang nyaman dan memadai, hotel tersebut menawarkan harga mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta selama semalam.
 
Transportasi untuk berkeliling Bali atau mengunjungi tempat destinasi tentunya sangat diperlukan, terutama bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi.
 
Supaya Anda puas berlibur di Bali tanpa kesulitan akses kendaraan, menyewa motor atau mobil adalah pilihan yang tepat.
 
Harga sewa motor di wilayah Kuta, Bali mulai dari Rp140.000 selama dua hari, sedangkan untuk wilayah Nusa Penida dan Denpasar bisa mencapai Rp50.000-Rp85.000.
 
Sementara, harga sewa mobil dalam sehari mulai dari Rp200.000 dengan supir dan Rp175.000 tanpa ada supir.
 
Harga penyewaan kendaraan bisa bervariasi sesuai dengan lokasi penjemputan dan jenis mobil yang dipilih, terutama saat ada promo harga sewa akan lebih murah.
 
Selain menyewa kendaraan, di Bali sudah banyak driver online yang bisa Anda pesan melalui aplikasi Gojek, Grab, atau Indrive.
 
3. Makanan

Bali terkenal dengan kekayaan kuliner yang unik dan beragam dengan citra rasa khas lokalnya. Harga makanan bisa sesuai dengan tempat makan yang dikunjungi.
 
Bila memilih tempat makan resto murah, cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp50.000, sedangkan restoran menengah bisa mencapai Rp350.000 untuk dua orang.
 
Berikut tiga rekomendasi tempat makan di Bali yang cukup populer dan harus dicoba saat berlibur ke Bali.
 
  • Warung Wardani Bali, tempat makan yang memiliki dua cabang yakni di Denpasar dan Kuta. Tempat makan ini kerap menjadi incaran para wisatawan karena tersedia berbagai menu makanan seperti satu tusuk ayam, ayam betutu, dendeng, rendang dan lainnya. Harga makanan juga bervariasi, mulai dari Rp30.000 hingga Rp80.000.
  • Warung Mak Beng, tempat makan Bali yang legendaris berada di Jl. Hang Tuah, Sanur. Makanan yang paling di kenal dari tempat makan ini adalah kelezatan sup kepala ikan dan ikan goreng yang tak ada tandingannya. Harga makanan mulai dari Rp55.000 saja.
  • Ayam Betutu Khas Gilimanuk, tempat makan yang berada di Kuta dengan menu makanan ayam yang khas. Makan di sini dapat mengenyangkan perut sebab satu porsi makanan sudah dapat nasi, ayam, kangkung, kacang, dan sambal matah bali. Harga makanan mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000 sesuai menu pilihan Anda.
4. Biaya destinasi

Destinasi wisata Bali merupakan alasan pertama sebagian orang untuk berlibur dan melepaskan penat. Bali termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam hingga budaya yang kaya.
 
Berikut beberapa destinasi wisata Bali yang populer beserta harga tiketnya.
 
  • Ubud menjadi salah satu destinasi budaya Bali yang menampilkan tradisinya, seperti Tari Kecak yang diiringi irama nyanyian yang menarik. Harga tiket masuk mulai dari Rp90.000
  • Pantai Kuta, bagi yang ingin merasakan atraksi air dan berselancar, pantai ini wajid dikunjungi. Untuk masuk ke pantai kuta tidak dipungut biaya apapun.
  • G Swing Bali, destinasi wisata atraksi yang menantang adrenalin. Mulai dari harga Rp350.000, waha ini akan membawa Anda ke atas hingga bisa melihat sunset yang indah, lalu dijatuhkan dari atas 40 meter.
  • Taman Nasional Bali Barat, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan aneka ragam hayati yang berada disana. Harga tiket mulai dari Rp20.000 untuk domestik dan Rp200.000 untuk mancanegara.
 
Total perkiraan biaya liburan ke Bali selama 5 hari
Tranportasi pesawat PP: Rp 1.400.000
Transportasi lokal sewa motor: Rp50.000 x 5 hari = Rp250.000
Penginapan: Rp500.000 x 4 malam = Rp2.000.000
Makanan: Rp50.000 x 2 kali sehari = Rp100.000 x 5 hari = Rp500.000
Biaya destinasi: Rp700.000
 
Itulah biaya perkiraan liburan ke Bali selama 5 hari. Pengeluaran biaya bisa dilakukan dengan hemat, yang tergantung pada pilihan perjalanan dan kebutuhan Anda saat berlibur. Selamat merencanakan liburan dan menikmati pengalaman liburan di Bali yang tak terlupakan.
 

Baca juga: Daftar harga tenda camping murah dan terjangkau untuk liburan outdoor

Baca juga: Mau liburan 2 hari di Bandung? Simak rincian biaya tanpa takut tekor

Baca juga: Rincian biaya wisata ke Yogyakarta selama 3 hari
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024