Jakarta (ANTARA) - Menonton konser atau festival musik adalah pengalaman yang sangat dinantikan bagi banyak orang, terlebih lagi jika itu adalah musisi atau band favorit Anda. Agar pengalaman menonton konser tetap menyenangkan dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dibawa, apalagi jika Anda pertama kali menonton konser atau festival musik.

Berikut adalah daftar barang dan persiapan yang perlu diperhatikan sebelum menonton konser atau festival musik:

1. Tiket dan identitas diri

Pastikan Anda membawa tiket konser, baik dalam bentuk fisik maupun digital (e-ticket). Jika tiket digital, Anda dapat mengunduh dan menyimpan tiket di ponsel Anda.

Kemudian, bawalah KTP atau kartu identitas lainnya, terutama jika tiket Anda memerlukan verifikasi data atau konfirmasi identitas.

2. Dompet dan uang tunai

Dalam konser maupun festival musik, biasanya akan ada merchandise atau makanan dan minuman yang dijual. Dengan membawa uang tunai, Anda dapat mudah bertransaksi jika pembayaran non-tunai tidak tersedia.

Selain itu, bawalah kartu debit atau kredit jika ada kemungkinan membutuhkan dana tambahan.

3. Power bank dan kabel charger

Ponsel seringkali digunakan untuk merekam momen, memotret, atau menghubungi teman saat di lokasi. Pastikan baterai ponsel cukup dengan membawa power bank dan kabel charger agar pengisian daya lebih fleksibel.

Power bank akan sangat membantu, terutama jika konser diadakan di luar ruangan dan akses ke sumber listrik terbatas.

4. Air minum dan makanan ringan

Menonton konser bisa sangat melelahkan, apalagi jika berdiri dalam waktu yang lama. Bawalah botol air minum atau tumbler (pastikan diperbolehkan oleh pihak penyelenggara) dan snack atau makanan ringan untuk menjaga energi selama konser atau festival berlangsung.

Namun, selalu cek kebijakan konser karena beberapa tempat melarang makanan dan minuman dari luar.

5. Pakaian dan sepatu yang nyaman

Sesuaikan pakaian dengan lokasi konser. Jika konser diadakan di dalam ruangan, pilih pakaian yang nyaman dan ringan. Untuk konser di luar ruangan, perhatikan cuaca, jika panas, pilihlah pakaian yang tidak gerah, dan siapkan jas hujan atau jaket tahan air jika sewaktu-waktu berpotensi hujan.

Gunakan juga sepatu yang nyaman karena Anda akan berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama. Sepatu sneakers dengan sol yang empuk biasanya menjadi pilihan yang tepat saat menghadiri konser atau festival musik.

6. Tas kecil (waist bag, pouch bag, totebag)

Bawa tas kecil seperti waist bag, pouch bag, ataupun totebag untuk menyimpan barang-barang penting seperti tiket, ponsel, dompet, dan power bank. Tas seperti ini juga memudahkan Anda membawa barang tanpa perlu terlalu repot dan tetap bisa bergerak bebas.

Hindari membawa tas besar karena beberapa venue memiliki batasan ukuran tas yang diperbolehkan masuk.

7. Barang pribadi

Di masa sekarang, barang-barang seperti masker, hand sanitizer, dan tisu basah sangatlah penting. Kondisi di area konser yang ramai bisa menjadi tempat penyebaran penyakit. Pastikan untuk menjaga kebersihan diri dengan membawa barang-barang ini.

Anda juga dapat memasukkan sunscreen dalam list barang pribadi Anda untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang panas, terlebih jika konser atau festival musik tersebut diadakan sejak siang hari dan berada di area outdoor.

Untuk para perempuan, juga dapat membawa alat kecantikan mereka jika sewaktu-waktu ingin melakukan make up ulang atau touch up.

8. Cek lokasi dan rundown

Cari tahu lokasi konser dan rencanakan perjalanan Anda. Jika tempatnya jauh, cek opsi transportasi yang tersedia atau estimasikan waktu keberangkatan Anda menuju ke lokasi

Perhatikan juga jadwal atau rundown konser, terutama jam buka pintu dan waktu mulai acara. Datang lebih awal sangat disarankan agar Anda bisa mendapatkan tempat terbaik dan terhindar dari antrian dan penumpukan lokasi parkir.

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, pengalaman Anda dalam menonton konser akan lebih nyaman dan menyenangkan.


Baca juga: Tips "war" tiket konser musik dengan cepat dan pasti dapat

Baca juga: Jadwal serta info lengkap konser & festival musik akhir tahun 2024

Baca juga: Musisi Bali siap ramaikan Jimbafest 26-27 Oktober di Jimbaran Hub

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024