Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang (Perkimcikataru) optimistis revitalisasi kawasan Stadion Kebun Bunga selesai pada Desember 2024.
 
"Kita optimis, pekan kedua atau ketiga di Desember 2024 proyek revitalisasi Stadion Kebun Bunga selesai ini," ujar Kepala Dinas Perkimcikataru Kota Medan Alexander Sinulingga di Medan, Senin.
 
Pihaknya mengungkapkan pekan ini kemajuan pekerjaan kawasan stadion dengan berbagai fasilitas olahraga tersebut sudah mencapai progres sekitar 81 persen.
 
Ia mengatakan pembangunan di Stadion Kebun Bunga sudah memasuki tahapan terakhir dengan seluruh pekerjaan struktur revitalisasi kawasan stadion telah selesai.
 
"Kini kita dalam tahap pekerjaan arsitektur, lanskap, dan mekanikal," ujarnya.
 
Kawasan ini, katanya, nantinya memiliki banyak lapangan, di antaranya sepak bola, tenis outdoor maupun indoor, panjat tebing, lintasan skateboard, gim, dan jogging track.
 
Dalam revitalisasi stadion ini juga dibangun gedung administrasi dan gedung fori yang dapat digunakan berbagai cabang olahraga, termasuk badminton, futsal, dan basket.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid pada 24 Mei 2023 meletakkan batu pertama pertanda dimulai revitalisasi kawasan Stadion Kebun Bunga.
 
Data Dinas Perkimcikataru Kota Medan menyebut pelaksana revitalisasi kawasan Stadion Kebun Bunga, yakni PT Permata Anugerah Yala Persada dan PT Permata Lanschap KSO masa pengerjaan 540 hari kalender.
 
Revitalisasi kawasan Stadion Kebun Bunga dilakukan dengan menggunakan skema tahun jamak, yakni APBD Kota Medan 2023 dan APBD Kota Medan 2024 sebesar Rp191,66 miliar lebih.
 
"Gedung ini juga dapat digunakan untuk konser maupun festival dengan kapasitas sekitar 2.000 orang," kata Alex.
 
Pihaknya mengatakan lapangan-lapangan dibangun kawasan Stadion Kebun Bunga ini telah memenuhi standar, seperti lapangan sepak bola berstandar internasional.
 
Kawasan stadion ini juga akan menjadi salah satu ruang terbuka hijau dan memiliki taman yang dihiasi dengan wahana air mancur menari.
 
"Sejauh ini kendala-kendala dalam pengerjaan bisa diatasi. Kita sudah meminta kepada pelaksana agar menyelesaikan pekerjaan di pekan kedua atau ketiga Desember," demikian Alexander Sinulingga.

Baca juga: Revonasi Stadion Teladan naikkan level sepak bola kota Medan
Baca juga: Renovasi Stadion Teladan Medan bertaraf Asia selesai 2024
Baca juga: Wali Kota Medan serukan percepat pembangunan Stadion Teladan
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024