Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney menggelar Festival Indonesia by the Beach (IBTB) 2024 di Pantai Bondi, Sydney, Australia pada Minggu (27/10) dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Australia dan internasional.
​​​​​
"Bondi Beach dipilih sebagai lokasi festival tahun ini untuk memberikan suasana yang berbeda dan lebih santai. Lokasi ini juga lebih strategis, terlihat dari peningkatan jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 8000 orang, atau dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya", kata Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana.

Melalui siaran pers KJRI Sydney di Jakarta, Senin, Vedi juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata, Kementerian Keimigrasian dan Permasyarakatan, Indonesia Trade Promotion Center Sydney serta Indonesia Investment Promotion Center Sydney.

"Kami sangat berterima kasih kepada mitra kami, Garuda Indonesia dan Kawasan Ekonomi Khusus Sanur, atas kolaborasi mereka dalam mewujudkan acara ini. Kami juga merasa terhormat atas kehadiran delegasi dari Papua Barat Daya dan DKI Jakarta, serta masyarakat kami di Sydney, yang turut memeriahkan keindahan dan keragaman warisan Indonesia," katanya.


Baca juga: Indonesia resmikan layanan e-paspor di KJRI Sydney​​​​​​

KJRI Sydney berharap Indonesia By The Beach 2024 dapat semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Australia, memperkenalkan budaya, kuliner, potensi pariwisata, dan investasi Indonesia kepada masyarakat Australia sekaligus dapat menjadi agenda tahunan yang menghadirkan keunikan budaya dan kekayaan Indonesia di Australia.

Acara IBTB 2024 dibuka oleh Konjen Vedi dengan simbolis pemukulan gong yang diiringi alunan musik angklung. Acara itu juga dihadiri penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Papua Barat Daya dan Inspektur Utama (Irtama), Kementerian Pariwisata.

Festival yang digelar secara outdoor tersebut menampilkan pagelaran fesyen Batik Pedjoeangan Sumatera Utara, penampilan Abang None Jakarta 2024, workshop mewarnai batik, pameran kreasi fesyen dan kriya dari kelompok binaan Pemda DKI Jakarta, Pemda Papua Barat Daya, dan pertunjukan budaya dari komunitas Bali dan Sumatera Barat di Sydney.

Selain mempromosikan kebudayaan dan beragam kuliner seperti Soto Lamongan, Sate, Ayam Penyet dan Es Cendol, IBTB 2024 juga mempromosikan berbagai paket tur dan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Yogyakarta dan Raja Ampat.

Salah satu pengunjung IBTB, Amara, mengomentari acara tersebut, mengatakan: "Acaranya meriah banget, the vibe was immaculate. KJRI should do this again next year."

KJRI Sydney sebelumnya juga menggelar Festival Indonesia by the Harbour untuk pertama kalinya di Circular Quay, Sydney tahun lalu, seperti dikutip.


Baca juga: KJRI Sydney perkuat 75 tahun hubungan dengan Australia melalui musik

 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024