Jakarta (ANTARA) - Menonton konser atau festival musik adalah pengalaman seru bagi para penggemar dan penikmat musik. Namun, sering kali niatan itu terhalang kendala dalam proses "war tiket", mengingat tingginya permintaan tiket konser, terutama untuk musisi atau band populer.

"War tiket" merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses berebut tiket secara online, khususnya untuk konser-konser populer yang memiliki peminat sangat banyak. Dalam konteks ini, kata “War” mengandung arti persaingan ketat dan adu kecepatan untuk mendapatkan tiket konser yang diidamkan. Banyak orang rela menunggu dan standby selama berjam-jam demi memperoleh tiket untuk konser musisi papan atas seperti Coldplay dan Dewa 19.


Berikut adalah beberapa tips efektif agar Anda bisa mendapatkan tiket konser dengan cepat dan tepat saat war tiket:

1. Daftar di situs resmi penjualan
Pastikan Anda sudah memiliki akun atau terdaftar di situs-situs resmi penjualan tiket seperti Tiket.com, Loket.com, atau platform internasional seperti Ticketmaster jika konser yang ingin Anda tonton adalah konser musisi internasional.

Dengan akun yang sudah terverifikasi, Anda dapat langsung melakukan pembelian tanpa harus melalui proses pendaftaran lagi saat penjualan tiket dimulai.

2. Gunakan beberapa perangkat dan browser
Untuk memperbesar peluang mendapatkan tiket saat war, coba gunakan lebih dari satu perangkat (laptop, ponsel, atau tablet) dan buka beberapa browser (Google Chrome, Firefox, dll.) secara bersamaan.

Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak akses untuk masuk ke antrian pembelian dan peluang untuk mendapatkan tiket akan lebih besar.

3. Beli saat pre-sale
Banyak promotor konser yang menawarkan tiket pre-sale kepada para penggemar. Tiket pre-sale biasanya tersedia sebelum penjualan umum dimulai, dan sering kali menawarkan harga yang lebih murah.

Agar tidak ketinggalan informasi pre-sale, ikuti akun media sosial penyelenggara atau sang musisi yang bersangkutan. Anda juga bisa mendaftar newsletter untuk mendapatkan notifikasi langsung via email.

4. Persiapkan alat pembayaran yang cepat
Kecepatan transaksi sangat penting saat war tiket konser. Pastikan Anda sudah menyiapkan metode pembayaran seperti e-wallet, kartu kredit, atau debit yang sudah disimpan di akun.

Pilih metode yang paling cepat dan paling aman untuk menghindari kegagalan transaksi akibat keterlambatan pembayaran.

5. Siapkan jaringan internet yang stabil
Mengingat war tiket konser adalah proses yang kompetitif, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Lebih baik menggunakan jaringan Wi-Fi dibanding data seluler karena lebih stabil dan lebih cepat.

6. Jangan terlalu lama menentukan pilihan
Saat memilih kategori tiket, jangan menunda terlalu lama. Pilih tiket sesuai dengan anggaran Anda dan segera lanjutkan ke tahap pembayaran. Terlalu lama memilih bisa membuat Anda kehilangan tiket yang sudah diinginkan.

7. Pantau waktu penjualan
Catat tanggal dan waktu penjualan tiket, kemudian set alarm beberapa menit sebelumnya. Jika memungkinkan, log in 10-15 menit lebih awal untuk mengantisipasi antrean virtual yang mungkin sudah dimulai. Biasanya, tiket yang diinginkan cepat habis terjual dalam beberapa menit pertama, jadi ketepatan waktu sangatlah penting.

8. Bergabung dalam fanpage di media sosial
Bergabung dengan grup fanpage atau penggemar di media sosial dapat memberi Anda informasi lebih awal mengenai jadwal penjualan tiket, tips, dan strategi untuk mendapatkan tiket.

Selain itu, grup penggemar terkadang juga berbagi info mengenai orang-orang yang menjual tiket cadangan atau re-seller.

9. Pilih tempat duduk yang strategis
Jika konser memberikan opsi tempat duduk tertentu, strategi yang tepat adalah memilih area yang biasanya tidak terlalu ramai namun tetap memberikan pandangan yang jelas ke panggung.

Hal ini bisa menghindarkan Anda dari persaingan yang ketat untuk area favorit, sambil tetap mendapatkan pengalaman konser yang menyenangkan.

Dengan mengikuti tips di atas, peluang Anda untuk mendapatkan tiket konser musisi atau band favorit akan meningkat.

Perlu diingat, persiapan yang matang sangat membantu agar Anda bisa menikmati konser tanpa stres di hari H. Selamat berburu tiket, dan semoga beruntung!


Baca juga: Injourney siapkan 5.000 tiket Pelepasan Lampion Waisak

Baca juga: Harap-harap cemas ikut "ticket war" konser Coldplay

Baca juga: Tips agar bisa menang war tiket, persiapan untuk konser Coldplay

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024